Makalah Komjen Sigit Diserahkan ke Komisi III oleh Irjen Wahyu dkk

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 16:07 WIB
Jakarta -

Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo diserahkan ke Komisi III DPR RI. Makalah itu akan digunakan saat fit and proper test atau uji kepatutan Komjen Sigit selaku calon Kapolri.

Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widodo, Kapolda Jarim Nico Afinta, dan Kadiv Propram Polri Irjen Ferdi Sambo menyerahkan makalah calon Kapolri itu di ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

"Jadi kegiatan hari ini kita adalah menyerahkan naskah fit and proper test yang besok akan dilaksanakan, intinya itu saja. Kami hanya datang ke sini cuma mau menyerahkan itu mewakili calon Kapolri," ujar Irjen Wahyu.

"Besok dilaksanakan mulai jam 10.00, kemudian diberikan waktu kepada beliau, memberikan paparan dan kemudian ada penyampaian-penyampaian kepada anggota Komisi III," ujar Irjen Wahyu.

Irjen Wahyu tidak menyebutkan jumlah halaman dan gambaran umum makalah Komjen Listyo Sigit. Setelah menyerahkan makalah Komjen Sigit, Irjen Wahyu dkk meninggalkan Komisi III.

"Besok saja," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi III Herman Hery mengungkapkan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menyerahkan makalah berisi kebijakan ke depan. Herman Hery berharap isi makalah tersebut selaras dengan tantangan nasional.

"Rencananya pada pukul 14.00 WIB hari ini akan digelar rapat pimpinan dan Kapoksi dalam rangka mempersiapkan proses fit and proper test calon Kapolri esok hari. Kemudian pada pukul 15.00 WIB rencananya tim ahli dari calon Kapolri akan menyerahkan makalah calon Kapolri kepada Komisi III yang mana isinya merupakan arah serta kebijakan Kapolri ke depan. Makalah ini akan dipelajari oleh anggota Komisi III sebagai bahan untuk uji kelayakan dan kepatutan," kata Herman kepada wartawan, Selasa (19/1).

(rfs/gbr)