Kapal Tim Penyelam Sriwijaya Air SJ182 Alami Benturan di Kepulauan Seribu

Indra Komara - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 08:20 WIB
Jakarta -

Kapal Wishnu, yang ikut dalam misi pencarian Sriwijaya Air SJ182, mengalami kecelakaan di perairan Kepulauan Seribu. Kapal Wishnu mengalami benturan yang menyebabkan bagian kapal sobek.

"Ini benturan. Kalau tabrakan itu bisa menyebabkan tenggelam. Ini benturan dan ada sobek memang di bagian KN Wishnu, tapi sobeknya saya belum bisa memastikan karena belum ada laporan. Yang jelas sobeknya itu di atas 3 meter di atas permukaan air, artinya kapal itu tidak mengganggu operasional, tetap bisa operasional. Kecuali kalau udah sangat dekat dengan air," ujar Direktur Operasional Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman, kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Rasman menduga benturan itu terjadi akibat gelombang tinggi. Pihaknya masih menginvestigasi penyebab benturan dan dengan kapal apa yang menyebabkan bagian KN Wishnu sobek.

"Saya mau investigasi dulu jam berapa, dengan siapa dan kapal apa," jelasnya.

Rasman memaparkan KN Wishnu sendiri dikerahkan untuk tempat peristirahatan para penyelam. Dia mengatakan, meski ada yang sobek, KN Wishnu akan tetap beroperasi di tengah pencarian Sriwijaya Air.

"Itu kapal untuk menampung tempat istirahat, selama 8 hari ini baru 1 kali sandar. Karena memang dia untuk menampung penyelam, semacam hotelnya. Jadi bukan yang wira-wiri untuk membawa barang bukti. Nggak sandar, dia tetap di lapangan," ujarnya.

(idn/imk)