Vaksinasi Corona di RI Dilakukan Dalam 4 Tahapan, Begini Prosesnya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:00 WIB
Proses vaksinasi COVID-19 digelar di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta. Para tenaga kesehatan mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.
Vaksin Corona (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Indonesia dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama sudah dilakukan sejak 15 Januari 2021 dengan sasaran para tenaga kesehatan.

"Program vaksinasi memerlukan waktu, yakni akan dilakukan dalam 4 tahapan. Tahap pertama waktu pelaksanaan Januari hingga April 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," kata juru bicara dr Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers yang di kanal YouTube Setpres, Senin (18/1/2021).

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua juga dilakukan mulai Januari sampai April 2021. Namun sasaran pada tahap kedua ini berbeda dengan tahap pertama.

"Tahap kedua juga pada bulan Januari hingga April 2021, dengan sasaran petugas pelayan publik, yaitu TNI, Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik lainnya, meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal," ungkap Reisa.

Selain aparat penegak hukum, petugas perbankan milik negara menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua. Pada tahap kedua ini, vaksinasi juga menyasar ke masyarakat dengan usia lanjut.

"Kemudian perbankan, PLN, perusahaan air minum serta petugas lainnya yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam waktu ini juga termasuk usia lanjut, yakni di atas usia 60 tahun," imbuh Reisa.

Vaksinasi tahap ketiga dan keempat ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2