Dijaga Aparat Bersenjata, 2 Minimarket di Mamuju Sulbar Mulai Beroperasi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 16:00 WIB
Minimarket di Mamuju mulai kembali beroperasi (Hermawan/detikcom).
Foto: Minimarket di Mamuju mulai kembali beroperasi (Hermawan/detikcom).
Mamuju -

Dua minimarket di Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), mulai beroperasi sejak hari ini. Sejumlah polisi bersenjata pun melakukan penjagaan di pintu masuk minimarket.

Pantauan detikcom di Jl Martadinata, Mamuju, Sulbar, Senin (18/1/2021) tampak sejumlah warga yang berbondong-bondong membeli keperluan mereka di minimarket. Ada waega yang membeli keperluan bayi seperti popok dan susu.

Adapula warga yang membeli peralatan mandi dan sebagian kecil makanan dan minuman. Sementara sejumlah pria tampak membeli rokok hingga masker.

"Ini barang sebagian tidak ada di tenda pengungsian jadi kita beli," kata seorang warga, Ratna (32) kepada detikcom, Senin (18/1).

Selain warga, adapula petugas misi kemanusiaan atau relawan yang juga membeli sejumlah keperluan. Sementara di depan pintu masuk minimarket, terlihat hingga delapan personel kepolisian yang berjaga. Di antaranya ada yang menenteng senjata.

Pegawai minimarket, Mustaking (35) mengatakan, pihaknya mulai beroperasi karena permintaan dari pihak kepolisian.

"Ini sebenarnya kita belum berani buka. Tapi karena ada permintaan dari Pak Kapolda, katanya dia kasihan lihat warga karena ada kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi, dari situ kita akhirnya buka," kata Mustaking saat ditemui terpisah.

"Intinya ini karena permintaan Pak Kapolda dan kita juga meminta balik keamanan, kan jangan sampai warga kira salah paham ada pembagian sembako, kita tidak mau terjadi apa-apa," imbuhnya.

Mustaking mengatakan, jam operasi minimarket tak menentu. Namun dia menyebut pihaknya akan beroperasi setiap hari.

"Kalau sampai jam berapa buka, kita tidak menentu tetapi yang jelas tidak sampai malam. Tapi kita upayakan setiap hari buka," katanya.

Tak jauh dari Jalan Martadinata, Mamuju, sebuah minimarket lainnya juga mulai beroperasi dan juga dijaga polisi. Total ada dua minimarket yang terlihat beroperasi di pusat kota Mamuju, hari ini.

(hmw/nvl)