Cek Info Bule Overstay Jalan-jalan di Medan, Ini Faktanya

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 12:07 WIB
Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Polonia, Ridha Sahputra (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Polonia, Ridha Sahputra (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, Medan, mengecek informasi adanya bule overstay yang jalan-jalan di Medan. Bagaimana hasilnya?

Berdasarkan informasi yang beredar, bule perempuan tersebut kerap mondar-mandir di wilayah Medan Tuntungan. Bule itu juga disebut pernah keluyuran tanpa masker.

Pihak Imigrasi kemudian mengecek ke lokasi. Setelah dicek, bule tersebut ternyata merupakan warga negara Slovakia.

"Sudah kita tindak lanjuti bersama Inteldakim Kantor Imigrasi Polonia, kita datang ke satu yayasan di Medan Tuntungan, memang benar kita temukan satu orang warga negara asing asal Slovakia," kata Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Polonia, Ridha Sahputra, di Medan, Senin (18/1/2021).

Dia mengatakan informasi soal bule tersebut overstay tidak benar. Ridha menyebut bule itu memiliki izin tinggal yang masih berlaku.

"Dari hasil pemeriksaan lapangan, tidak ada itu seperti yang diinformasikan overstay. Izin tinggalnya masih berlaku, yang dikeluarkan kantor Imigrasi yang di Jakarta," jelasnya.

Ridha menyebut bule itu berada di Medan karena menjenguk anaknya. Dia mengatakan WN Slovakia itu sedang menyelesaikan masalah keluarga selama di Medan.

"Yang bersangkutan ada di Medan karena mengunjungi anaknya, suaminya WNI, anaknya ada satu di yayasan itu. Memang setelah hasil wawancara, yang bersangkutan ada masalah keluarga," ucapnya.

Ridha menduga informasi soal bule ini overstay berdasarkan data yang lama. Dia menyebut bule ini sudah memperpanjang izin tinggal di Indonesia.

"Kami juga dapat informasi soal yang bersangkutan overstay, kemungkinan data yang lama. Sudah ada pembaharuan, yang bersangkutan selalu memperpanjang izin tinggalnya," tutur Ridha.

Simak juga video 'Cerita Habib Rizieq soal Overstay dan Pemeriksaan oleh Intel Saudi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2