Mensos Risma Akan Berangkat ke Semeru yang Semburkan Awan Panas Hari Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 08:44 WIB
Mensos Tri Rismaharini
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) dijadwalkan memeriksa kondisi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, hari ini. Risma akan bertolak ke Gunung Semeru langsung dari Surabaya.

"Ibu rencananya ke Semeru," ujar Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Kemensos Herman Koswara melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (18/1/2021).

Belum diketahui pasti kegiatan Risma di Gunung Semeru. Sebelumnya, Risma dijadwalkan ke lokasi bencana banjir yang ada di Kalimantan Selatan hari ini. Namun, rencana ini berubah dan akhirnya Risma berangkat ke Gunung Semeru untuk memeriksa kondisi di sana.

"Tidak jadi (berangkat ke Kalsel), awalnya agendanya Kalsel," ungkap Herman.

Herman mengatakan saat ini posisi mantan walikota Jawa Timur ini sudah berada di Surabaya dan akan segera menuju Gunung Semeru.

Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas, Sabtu (16/1) sore sekitar pukul 17.24 WIB. Semburan ini memiliki jarak luncur sekitar 4,5 kilometer.Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas, Sabtu (16/1) sore sekitar pukul 17.24 WIB. Semburan ini memiliki jarak luncur sekitar 4,5 kilometer. Foto: Istimewa

Seperti diketahui, Gunung Semeru meluncurkan awan panas kurang-lebih 4,5 km pada Sabtu (16/1/2021) pada pukul 17.24 WIB. Menurut laporan pengamatan visual, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar. Sedangkan hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, mengikuti arah angin.

Dari data pos pengamatan Gunung Semeru periode 17 Januari 2021 pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 8 kali, guguran satu kali, hembusan 7 kali dan tremor harmonic 5 kali.

"Aktivitas Gunung Semeru masih kondusif pasca terjadi awan panas guguran pada Sabtu kemarin. Status Gunung Semeru masih waspada level II," ujar Kepala Pos pengamatan Gunung Api Semeru Liswanto kepada detikcom, Minggu (17/1/2021).

(isa/isa)