Round-Up

Tanda Tanya Suara 'Tolong' di Video Pencarian Pesawat Sriwijaya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 07:54 WIB
Jakarta -

Sebuah video pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182, yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, mendadak viral di media sosial. Pasalnya, dalam video itu terdengar suara minta tolong. Kebenaran suara 'tolong' itu pun kini menjadi tanda tanya besar.

Video berdurasi 18 detik itu beredar pertama kali di TikTok. Hingga saat ini, video itu sudah mendapat lebih dari 19 ribu komentar dan dibagikan 16 ribu kali.

Awalnya, petugas Damkar tampak sedang menyisir area perairan Kepulauan Seribu. Di akhir video, terdengar suara samar-samar.

"Detik-detik penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas," tulis caption dalam video yang dilihat detikcom, Minggu (17/1).

Kepala Sektor Gulkarmat Kepulauan Seribu Eko Mahendro kemudian membenarkan bahwa video tersebut memang diambil di perairan Kepulauan Seribu, tepatnya di sekitar Pulau Lancang. Ini merupakan lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

"Itu kita kan memang termasuk melakukan evakuasi penyisiran yang sejak pesawat Sriwijaya jatuh. Itu video tidak sengaja, tidak editan apa adanya, jadi memang seperti itu tidak bisa ditutup-tutupi," kata Eko saat dihubungi detikcom, Minggu (17/1/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2