Gelombang Pasang yang Sebabkan Banjir di Mantos Manado Capai 4 Meter

Angel Rawis - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 22:29 WIB
Banjir Gelombang Laut Pasang di Manado
Banjir Gelombang Laut Pasang di Manado (Foto: Angel Rawis/detikcom)
Jakarta -

Gelombang pasang laut setinggi hampir 4 meter yang terjadi di perairan teluk Manado mengakibatkan banjir di sekitar Mal Manado Town Square (Mantos), Manado. Gelombang tersebut diakibatkan cuaca ekstrim yang melanda Kota Manado sejak beberapa hari terakhir.

Gelombang pasang yang dilaporkan mencapai 2,5 hingga 4 meter ini juga menyebabkan tembok pemecah ombak rusak berat. Tak hanya itu, terpantau air laut pasang ini juga sempat naik sampai ke parkiran salah satu pusat perbelanjaan.

Tampak para pengunjung yang berada di sekitaran lokasi kejadian berlarian ke tempat aman. Batu-batu kerikil tampak berhamburan di sekitar parkiran mal tersebut.

Sementara itu, angin kencang dari arah laut yang mengakibatkan gelombang laut tinggi juga melewati tambatan perahu hingga sepanjang jalan Boulevard Dua. Terlihat sampah-sampah berserakan disepanjang jalan dan sekitarnya.

Kemudian Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG, Edward Mengko menjelaskan tinggi gelombang 1,25 - 2,5 M (moderate sea) berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung & Likupang, Laut Maluku, dan Laut Sulawesi.

"Sementara itu, tinggi gelombang 2,5 - 4,0 M (Rough Sea) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Sebelah Barat Perairan Kepulauan Sitaro, Laut Maluku bagian Utara," kata Edward kepada wartawan, Minggu (17/1/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2