Jelang Malam, Warga Banjarmasin Waspada Banjir Laut Pasang

Antara News - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 20:02 WIB
Banjarmasin - Masyarakat Banjarmasin meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan banjir susulan. Sebab, berdasarkan informasi banjir susulan akibat air laut pasang kerap terjadi pada malam hari.

"Malam ini kembali waspada, sebab informasi pasang air laut tinggi lagi seperti kemarin malam," ujar warga Komplek Kayu Bulan, Safari, seperti dilansir Antara, Minggu (17/1/2021).

Safari mengatakan masyarakat bersiap berdasarkan yang sudah-sudah terjadi sebelumnya. Dia menyebut seperti kemarin Sabtu (16/1) malam, air sungai di daerah pemukimannya sempat meluber tinggi.

"Makanya barang-barang penting sudah kita rapikan diletakkan di tempat yang lebih tinggi, jaga-jaga bila sampai tidak diinginkan air masuk rumah malam ini," ucapnya.

Memang debit pasang air laut berdasarkan rilis pada akun resmi Humas Pemerintah Kota Banjarmasin diprediksi akan kembali naik tinggi pada malam ini seperti Sabtu malam kemarin. Diperkirakan, malam ini debit pasang air laut 2,6 meter pada pukul 22.00 WITA, selanjutnya naik menjadi 2,7 meter pada pukul 23.00 WITA, lalu menurun menjadi 2,6 meter pada pukul 00.00 WITA.

Seperti diketahui, banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) merendam sejumlah titik. Salah satunya jalur lintas provinsi.

"Dengan kondisi banyak jalan yang tergenang di Jalan Gubernur Syarkawi yang merupakan perlintasan truk dari Kalsel ke Kalimantan Tengah dan sebaliknya, maka otomatis aktivitas ekonomi terganggu," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Maesa Soegriwo di Banjarmasin, dilansir dari Antara, Jumat (15/1/2021).

Diketahui, banjir merendam Jalan Gubernur Syarkawi yang membentang dari Kecamatan Gambut ke Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Jalan ini juga menghubungkan ke Desa Trantang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala. (maa/imk)