Tanah Longsor di Dompu NTB, Lalu Lintas Tersendat

Faruk - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 14:58 WIB
Longsor di Dompu NTB (Foto: Faruk/detikcom)
Tanah longsor di Dompu NTB. (Faruk/detikcom)
Jakarta -

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Material longsor yang menutupi jalan mengakibatkan lalu lintas di jalan negara itu tersendat.

"Tanah longsor kembali terjadi di Jalan Lintas Nanga Tumpu dan menutupi hampir seluruh badan jalan raya. Kejadiannya pagi tadi, beruntung tidak ada kendaraan yang lewat saat kejadian," kata Kasubbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah, Minggu (17/1/2021).

Tanah longsor terjadi pada pukul 07.00 Wita, tepatnya di Tanjakan Nanga Tumpu, Desa Nanga Tumpu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Hingga kini material longsor belum berhasil dibersihkan.

Sementara itu, di lokasi kejadian, anggota Polsek Manggelewa mengatur lalu lintas serta memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar berhati-hati di sepanjang Jalan Lintas Nanga Tumpu karena tidak tertutup kemungkinan terjadi di lokasi lainnya.

"Selain itu, anggota kepolisian Manggelewa juga berupaya memindahkan tanah dan bebatuan yang menutupi ruas jalan," ujar Hujaifah.

Longsor di Dompu NTB (Foto: Faruk/detikcom)Longsor di Dompu NTB (Faruk/detikcom)

"Kapolsek Manggelewa telah berkoordinasi dengan pihak PU, untuk mendatangkan alat berat untuk membantu pindahkan material berupa tanah, pepohonan dan batu-batu yang berukuran besar," tambahnya.

Hingga kini, polisi yang dibantu Dinas PU masih membersihkan material longsor, jalan alternatif dibuat hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan kendaraan besar, seperti truk dan bus antarkota, masih tertahan.

"Sekitar dua bulan lalu, di lokasi itu pernah ada korban jiwa karena tanah longsor, di sini setiap turun hujan dengan intensitas cukup tinggi, besar kemungkinan terjadinya tanah longsor, saya imbau agar kita berhati-hati, agar tidak terjadi lagi hal yang tidak kita inginkan," tutur Hujaifah.

(mae/mae)