Stok APD di Lokasi Gempa Sulbar Menipis, BNPB Koordinasi ke Kemenkes

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 19:02 WIB
Gempa Sulbar
Ilustrasi evakuasi di lokasi gempa Sulawesi Barat. (Foto: dok. Basarnas)
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan stok alat perlindungan diri (APD) di lokasi terdampak gempa Sulawesi Barat (Sulbar) mulai menipis. Sementara itu, posko kesehatan yang didirikan saat ini sudah mulai aktif.

"Stok APD saat ini menipis. Klaster yang mengurusi kesehatan, posko saat ini sudah berdiri aktif," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana Raditya Jati saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/1/2021)

Raditya menuturkan permasalahan stok APD yang mulai menipis itu harus dikoordinasikan dengan pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar dapat segera diatasi. Raditya mengatakan informasi APD yang mulai menipis itu diperoleh BNPB berdasarkan data berkala dari lokasi terdampak.

"Ya harus (koordinasi) dengan Kementerian Kesehatan. Jadi kita sampaikan informasi itu berdasarkan sitrep (situation report) berkala," tuturnya.

Raditya menyampaikan sarana dan sistem komunikasi di Bandara Mamuju sampai saat ini masih normal. Landas pacu, kata Radiya, masih layak digunakan.

"Sistem Komunikasi Bandara Mamuju normal dan landas pacu layak untuk digunakan," ujarnya.

Selanjutnya, penyaluran BBM di SPBU terdampak:

Selanjutnya
Halaman
1 2