1 Jasad Korban Longsor Sumedang Ditemukan, Total Jadi 25

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 23:40 WIB
Proses evakuasi korban longsor di Sumedang terus berlanjut. 
Sebuah TK dan rumah yang berada di muka puing longsor pun dirobohkan guna mudahkan proses evakuasi.
Longsor di Sumedang, Jawa Barat (Foto: Yudha Maulana/Detikcom)
Sumedang -

Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu jasad korban bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Total sudah 25 jasad ditemukan.

"Satu jenazah tersebut ditemukan di area lapangan voli pukul 22.16 WIB," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah melalui pesan singkatnya, Jumat (15/1/2021).

"Total jenazah yang berhasil dievakuasi sebanyak 25 orang, dan 15 orang masih dalam pencarian," ucapnya.

Deden menyebutkan, satu jenazah korban longsor di Sumedang yang berhasil dievakuasi tersebut berjenis kelamin laki-laki.

"Jasad korban langsung dilarikan ke Puskesmas Sawah Dadap untuk diidentifikasi," ucap Deden.

Longsor melanda Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang pada Sabtu (9/1) lalu. Kejadian itu mengakibatkan 14 rumah rusak tertimbun material longsor.Longsor melanda Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang pada Sabtu (9/1) lalu. Kejadian itu mengakibatkan 14 rumah rusak tertimbun material longsor. (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Basarnas memperpanjang upaya pencarian dan evakuasi korban bencana longsor di Kabupaten Sumedang, selama tiga hari ke depan. Jika selama tiga hari ke depan tidak juga ditemukan korban lainnya, pihaknya akan kembali merapatkan langkah selanjutnya dengan semua pihak.

"Kita akan lihat efektivitasnya, dan kita akan berembuk dengan stake holder dan Incident Crisis. Nanti akan dirapatkan kembali dan kalau memang diperlukan kembali perpanjangan, akan dikonsultasikan kembali ke Basarnas pusat," kata Kepala Seksi Sumber Daya Kantor SAR Bandung, Iwan Ramdani, di Posko SAR.

(isa/isa)