Pelayat Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Tebet Pulang, Lalin Masih Ditutup

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 23:22 WIB
Pelayat Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Tebet Pulang.
Pelayat Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Tebet pulang. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Para pelayat jenazah Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di rumah duka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, mulai pulang dan kembali ke rumah masing-masing. Namun lalu lintas di sekitar lokasi masih ditutup.

"Ini kan sekarang yang jalan menuju rumah duka sudah ditutup untuk menghindari kerumunan. Jemaah yang melakukan takziah sudah kita imbau untuk berdoa di rumah masing-masing dan kembali ke rumah masing-masing," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jalan Tebet Utara Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2021).

Sambodo mengatakan lalin di Jalan Tebet Raya dan Jalan Tebet Utara Dalam masih ditutup meski pelayat mulai perlahan membubarkan diri. Hal itu dilakukan untuk menghindari jemaah yang kembali datang.

"Namun, hingga saat ini pukul 22.30 WIB, situasi lalin masih kita tutup untuk menghindari para pelayat yang masih mencoba-coba mendekat ke rumah duka," ujar Sambodo.

Sambodo mengingatkan pelayat untuk berdoa di rumah masing-masing. Sebab, situasi Jakarta saat ini masih masuk PSBB.

"Karena Jakarta masih PSBB dan di ini adalah zona merah, tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan," ujarnya.

Sambodo mengatakan pihaknya masih terus menggiring jemaah agar pulang. Dia masih melihat situasi untuk membuka lalin di sekitar rumah duka.

Pantauan terkini pukul 22.55 WIB, jemaah mulai pulang ke rumah. Tampak sejumlah pelayat masih berkumpul di depan Jalan Tebet Utara 1 A. Polisi memasang traffic cone untuk menutup akses menuju kediaman Habib Ali.

Massa terus didorong pulang ke arah Jalan KH Abdullah Syafei. Satu mobil Pengurai Massa (Raisa) dikerahkan untuk membubarkan massa.

(idn/idn)