Top 5 News

Gempa Susulan di Majene hingga Relief Warisan Soekarno

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 20:45 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Gempa susulan masih berpotensi terjadi pascagempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,9 dan M 6,2 yang mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Menurut BMKG, gempa susulan yang terjadi berpotensi memicu tsunami.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengecek perkembangan restorasi Gedung Sarinah di Jakarta Pusat. Dia sekaligus menunjukkan relief tersembunyi warisan Presiden RI Pertama Soekarno di lantai dasar gedung itu.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (13/1/2021).

1. Gempa Susulan Majene Bisa Picu Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi 28 kali gempa susulan sejak kemarin hingga hari ini. Gempa susulan paling besar terjadi pada dini hari tadi berkekuatan M 6,2.

Untuk itu, warga di pesisir pantai diminta mengamankan diri ke tempat yang lebih tinggi. Sebab, menurut BMKG gempa susulan masih berpotensi terjadi pascagempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,9 dan M 6,2 di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Artikel Selengkapnya: Gempa Susulan Majene Bisa Picu Tsunami

2. Relief Tersembunyi di Gedung Sarinah

Sebuah relief bersejarah ditemukan di dalam gedung Sarinah yang tengah direstorasi. Relief warisan Presiden RI pertama Soekarno tersebut rencananya akan direstorasi dan dipamerkan kepada publik saat pemugaran gedung Sarinah rampung.

Diketahui, relief itu sudah ada sejak gedung Sarinah diresmikan pertama kali oleh Soekarno di tahun 60-an. Saat itu relief tersebut ditempatkan secara terbuka. Namun pada saat gedung Saring dilakukan renovasi dan mengubah layout, relief itu ditutup karena tidak sesuai dengan layout saat ini. Sehingga keberadaan relief tersebut sudah lama tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Artikel Selengkapnya: Ini Relief yang Ditemukan di Gedung Sarinah

3. Kantor Gubernur Sulbar Ambruk

Gempa M 6,2 di Majene, Sulawesi Barat, menimbulkan kerusakan di sejumlah bangunan. Salah satu yang paling parah adalah kerusakan kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Gempa M 6,2 Majene terjadi pada Jumat (15/1/2021), pukul 01.28 WIB atau pukul 02.28 waktu setempat. Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 lintang selatan dan 118,94 bujur timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan berpusat di daratan.

Artikel Selengkapnya: Before-After Kantor Gubernur Ambruk

4. Presiden Turki Disuntik Vaksin Sinovac

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menerima suntikan vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Ini merupakan sebuah langkah, yang menurut juru bicara Partai AK (Adalet ve Kalkınma Partisi) bertujuan untuk mengurangi keraguan publik tentang keefektifan vaksin.

Diketahui, Turki mulai memberikan suntikan vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac China kepada petugas kesehatan pada hari Kamis (14/1). Sejauh ini negara tersebut telah memvaksinasi lebih dari 250.000 petugas kesehatan.

Artikel Selengkapnya: Momen Erdogan Divaksin

5. Zaky 'Kapten' Ditangkap Polisi Usai Konsumsi Sabu

Vokalis band 'Kapten' Ahmad Zaki alias Zaky ditangkap polisi gegara penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Dia ditangkap usai mengkonsumsi sabu.

Pelantun 'lagu sexy' ini ditangkap di kawasan Sadang Serang, Kota Bandung pada Rabu (13/1) lalu oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung. Selain Zaky, polisi juga menangkap rekannya berinisial SP.

Artikel Selengkapnya: Vokalis Band Kapten Ditangkap

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)