2 Komponen Mesin Sriwijaya Air SJ182 Seberat 200 kg Ditemukan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 20:39 WIB
Petugas menemukan 2 komponen mesin pesawat Sriwijaya Air SJ182 (Azhar/detikcom)
Petugas menemukan dua komponen mesin pesawat Sriwijaya Air SJ182. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

TNI AL berhasil menemukan dua komponen pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Kepulauan Seribu. Komponen itu seberat 200 kg.

"Ada dua buah komponen mesin pesawat dengan berat kurang-lebih 200 kg dan berhasil diangkat dan ditemukan oleh penyelam kita dan dibawa di sini," ujar Komandan KRI Parang Letkol Laut Pelaut Hendra Dwinanto di JICT II, kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Pantauan detikcom, pada pukul 19.28 WIB, KRI Parang mulai mendarat di JICT II. Dua komponen Sriwijaya Air SJ 182 itu diangkut forklift ke lokasi penampungan.

Selain itu, TNI AL mendapatkan tiga kantong yang berisi serpihan dan peralatan pribadi penumpang Sriwijaya Air SJ182. Ada pula serpihan-serpihan bodi pesawat yang berukuran besar.

"Malam ini KRI Parang membawa serpihan-serpihan temuan dari penyelam Kopaska dan Denjaka TNI AL, yaitu berupa ada tiga kantong isinya serpihan-serpihan pesawat dan peralatan-peralatan pribadi dari penumpang," kata Hendra.

Direktur Operasional Basarnas Brigjen TNI Rasman MS mengucapkan terima kasih tiada hentinya kepada tim pencarian. Rasman mengapresiasi kepada tim pencarian yang tidak kenal lelah.

"Dari kami semua yang ada di posko ini terhadap seluruh anggota yang terlibat, khususnya TNI, baik yang ada di kapal maupun yang penyelam-penyelam kita, atas jerih payahnya, atas partisipasinya yang tidak mengenal lelah," ujar Rasman.

"Sehingga bisa menemukan bagian-bagian termasuk yang cukup besar, berupa turbin," sambungnya.

(isa/isa)