Round-Up

Suara dari Senayan agar Ajakan Habib Rizieq Setop Gaduh Dibuktikan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 20:34 WIB
Habib Rizieq tiba di Rutan Bareskrim.
Habib Rizieq (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

PDIP: Jangan Hanya Siasat Pendek

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno berharap ajakan Habib Rizieq itu bisa dilakukan oleh para pengikutnya.

"Tentu kita sambut gembira pernyataan sejuk tersebut. Tugas besar masih menunggu, yaitu bagaimana HRS dapat membawa para pengikutnya untuk melakukan 'perubahan perilaku' sesuai dengan pernyataan tersebut," kata Hendrawan saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Hendrawan mengatakan pernyataan itu harus disosialisasikan, dihayati, hingga dipraktikkan secara nyata dalam kehidupan bernegara. Dia mengapresiasi tekad Habib Rizieq untuk revolusi akhlak dengan cara yang berakhlak.

Hendrawan berharap pesan Habib Rizieq ini sebagai bentuk pencerahan dirinya selama ini. Dia juga mengharapkan agar pesan tersebut bukan siasat jangka pendek yang dilakukan Habib Rizieq.

"Jangan sampai pernyataan tersebut hanya merupakan siasat jangka pendek, dan bukan menjadi basis eksistensi dan esensi organisasi yang dipimpinnya. Mudah-mudahan apa yang disampaikan merupakan pencerahan sebagai hasil refleksi dan mawas diri yang tuntas," ujarnya.

PKB: Jika Itu bentuk Kesadaran perlu Direspons Positif

PKB menilai, jika ajakan menyetop kegaduhan dan membangun kedamaian itu adalah bentuk kesadaran Habib Rizieq, perlu direspons dengan baik.

"Kalau itu bentuk kesadaran Habib Rizieq untuk mengubah strategi dakwahnya, yaitu tetap melakukan revolusi akhlak dengan cara yang beretika, tentu suatu yang perlu direspons positif," kata Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Maman beralasan banyak pihak yang berharap Habib Rizieq menjadi figur yang membawa perdamaian dan toleransi sekembali dari Mekah. Karena itu, jika pesan perdamaian itu benar, itu bisa menggugah siapa pun untuk berhenti membuat onar dan kegaduhan.

Maman juga berharap, ke depannya, demokrasi ini harus diisi dengan sesuatu yang tidak membuat kegaduhan, keonaran, atau kekerasan, melainkan menciptakan rasa damai, aman, dan tenteram.

Halaman

(rdp/rdp)