detikcom Do Your Magic

Duh! Sampah Tetap Dibuang di Jalanan Ciputat Meski Tong Sudah Tersedia

Taufieq Renaldi Arfiansya - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 18:37 WIB
Masih ada sampah di bawah Flyover Ciputat meski sudah disediakan tempat sampah.
Foto: Masih ada sampah di bawah Flyover Ciputat meski sudah disediakan tempat sampah (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)
Jakarta - Masih terlihat sampah di bawah flyover Ciputat, Jalan Dewi Sartika, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Padahal pada pagi tadi, sampah sudah dibersihkan dan tong sampah telah disediakan di sekitar lokasi.

Pantauan detikcom pada Jumat (15/1/2021) pukul 08.00 WIB pagi tadi, kantong-kantong plastik berisi sampah di Jl Dewi Sartika sudah dibersihkan, termasuk yang ada di trotoar jalan.

Namun, pada pukul 17.17 WIB sore di Jalan Dewi Sartika arah Pamulang, sampah muncul lagi. Ada tumpukan kantong-kantong sampah diletakkan di trotoar tengah jalan.

Padahal, di dekat lokasi terlihat beberapa bak sampah yang sudah disiapkan. Satu tong di simpan di pinggir jalan, satu lagi di dekat mulut gang.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tangerang Selatan, bersama dengan Polsek Ciputat Timur, dan tokoh masyarakat bergerak membersihkan sampah. Tak hanya itu, Dinas LH Tangsel pun menyediakan sekitar lima tong sampah untuk kawasan flyover Ciputat.

Bendahara Umum Badan Musyawarah Betawi Kota Tangerang Selatan, Kurniawan soal kantong-kantong kresek berisi sampah yang biasa digeletakkan begitu saja di jalanan ini kala malam, dia menjelaskan, sampah itu sebenarnya tidak hanya berasal dari warga sekitar, tapi juga dari warga lain.

Tong sampah di dekat flyover Ciputat Tangsel.Tong sampah di dekat flyover Ciputat Tangsel. Foto: Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom

"Namun demikian, tentunya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan juga, mengingat sampah yang berada di wilayah Ciputat, Jalan Dewi Sartika ini, itu belum juga dari masyarakat luar Ciputat yang membuang sampah di sepanjang trotoar Dewi Sartika di bawah flyover," ungkap Kurniawan, di Ciputat pada pagi hari tadi.

Kurniawan berharap Dinas Lingkungan Hidup Tangsel memfasilitasi tempat sampah, agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

"Jadi sesungguhnya sekali lagi saya tegaskan, masyarakat Ciputat itu sangat-sangat bisa diatur dan tentunya apabila ada gerakan kegiatan untuk penertiban pembuangan sampah yang diawali tentunya dari Dinas Lingkungan Hidup harapannya agar bisa menyediakan tempat sampah secara khusus, dan agar masyarakat bisa membuang sampah tersebut, artinya memang betul-betul pada tempatnya," pungkas Kurniawan.

Tonton video 'Pemkot Hingga Warga Bersih-bersih Sampah di Ciputat':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)