Pengacara: Habib Rizieq Lebih Menikmati di Rutan Bareskrim

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 17:21 WIB
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Setiba di Polda Metro Jaya, ia sempat mengacungkan jempol.
Habib Rizieq (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Habib Rizieq Shihab sudah dipindahkan dari rumah tahanan Polda Metro Jaya ke rutan Bareskrim Polri. Kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, mengatakan kondisi Rizieq dalam keadaan baik.

"(Kondisinya) jauh lebih baik, jauh lebih menikmati beliau," ujar Sugito saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, Rizieq selama ini ingin dipindahkan dari rutan Polda Metro Jaya ke rutan Bareskrim Polri. Sugito mengatakan keinginan itu karena pihak keluarga lebih mudah menjenguk Rizieq.

"Kan sebenarnya beliau itu memang ingin pindah supaya lebih mudah dijenguk oleh keluarganya," katanya.

Sugito mengatakan, selama Rizieq menjalani penahanan di Polda Metro Jaya, pihak keluarga agak kesulitan untuk menjenguk Rizieq. Selain itu, kata Sugito, pemindahan ke rutan Bareskrim Polri itu lebih memudahkan saat hendak dilakukan pemeriksaan.

"(Di Polda keluarga) agak susah kan (jenguk). Kan sekarang ditangani oleh Bareskrim, tapi tahanannya di Polda Metro itu repot," katanya.

Diketahui, Rizieq dipindahkan ke rutan Bareskrim Polri pada Kamis (14/1).

"Iya (dipindahkan ke rutan Bareskrim Polri), rencana hari ini," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (14/1).

Andi menyampaikan pemindahan itu dilakukan agar memudahkan tim penyidik mengurus pemberkasan kasus yang melibatkan Habib Rizieq. Selain itu, lanjut Andi, rutan Polda Metro Jaya sudah cukup padat.

"Pertimbangannya tahanan di PMJ terlalu padat, sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya," ujarnya.

Simak video 'Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Habib Rizieq: Kadang Masih Suka Sesak':

[Gambas:Video 20detik]




(man/tor)