detikcom Do Your Magic

Simpang JICT Ramai Truk, Traffic Light Akan Dipasang Tengah Tahun 2021

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 15:39 WIB
Simpang JICT Jakarta Utara tanpa lampu lalu lintas atau traffc light.
Simpang JICT Jakarta Utara yang ramai truk kontiner tapi tak ada lampu lalu lintas atau traffic light. (Syahidah Izzata Sabiila/detikcom)
Jakarta -

Simpang Jakarta International Container Terminal (JICT) ramai oleh lalu lalang truk kontainer, tapi tak ada lampu pengatur lalu lintas atau traffic light. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI akan mengecek kondisi di lokasi. Namun penyediaan traffic light di simpang JICT baru bisa dilakukan pada pertengahan 2021.

"Saat ini tim kami sedang ke lapangan untuk mempelajari kondisi yang ada. Jika memang diperlukan dan memungkinkan untuk pemasangan APILL (alat pemberi isyarat lampu lalu lintas), akan kami lakukan," ucap Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas (UP SPLL) Dishub DKI Jakarta Emanuel Kristanto saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Namun, menurut Emanuel, masyarakat dan pengguna jalan harus bersabar. Penyediaan traffic light harus melalui proses pengadaan barang oleh Dinas Perhubungan.

"Tapi mohon bersabar. Karena harus melalui proses pengadaan terlebih dahulu. Kami jadwalkan di pertengahan tahun ini," kata Emanuel.

Diketahui, perempatan JICT tidak memiliki lampu lalu lintas atau traffic light. Padahal simpang atau perempatan itu ramai oleh truk-truk kontainer.

Pantauan detikcom, Jumat (15/1/2021), pukul 10.45 WIB, terjadi penumpukan kendaraan di persimpangan JICT akibat tidak adanya lampu lalu lintas. Mereka memelankan atau berhenti di tengah persimpangan untuk menunggu giliran melintas.

Simpang JICT yang berada di di Jl Sulawesi, depan Kolinlamil, Tanjung Priok, Koja, Jakarta Utara, tampak semrawut oleh kendaraan yang lalu lalang akibat tidak adanya lampu lalu lintas. Warga berharap dipasang lampu pengatur lalin agar jalan lebih teratur ke depannya.

"Paling nambah traffic light biar lebih rapi. Namanya kendaraan ya keluar-masuk dari pelabuhan," ujar Andri (32) salah satu warga yang melintas.

Simpang JICT tanpa lampu lalu lintas atau traffic light.  Padahal lokasi itu ramai dengan truk-truk kontainer.Simpang JICT tanpa lampu pengatur lalu lintas atau traffic light. Padahal lokasi itu ramai oleh truk-truk kontainer. (Syahidah Izzata Sabiila/detikcom)


Bagi Anda yang menemukan masalah perkotaan, silakan kabarkan ke detikcom Do Your Magic lewat pasangmata.detik.com. Caranya, login menggunakan detikID. Bila Anda belum punya detikID, silakan bikin dulu. Caranya mudah, daftar saja di bagian pojok kanan atas detikcom. Anda juga bisa kirim info ke pasangmata.detik.com menggunakan email dan nomor ponsel.

(aik/dnu)