Puan Maharani Minta Pemerintah Bertindak Cepat Tangani Dampak Gempa di Majene

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 12:17 WIB
Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi,  di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut. ANTARA FOTO/Akbar Tado/wpa/hp.
Dampak Gempa Majene-Mamuju (ANTARA FOTO/AKBAR TADO)
Jakarta -

Gempa Majene berkekuatan magnitudo (M) 6,2 mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan fasilitas gedung hingga rusak parah. Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bertindak cepat melakukan evakuasi korban.

"Utamakan penyelamatan dan pencarian korban serta menolong masyarakat yang terdampak serta kerahkan sumber daya daerah dan nasional guna penyelamatan korban," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/1/2021).

Operasi tanggap darurat secara menyeluruh, menurut Puan, harus cepat dilakukan, antara lain penanganan kelompok rentan serta pendirian rumah sakit di lapangan hingga tempat pengungsian yang sesuai dengan protokol kesehatan guna antisipasi penyebaran penyakit.

"Operasi tanggap darurat secara menyeluruh, penyelamatan para korban, penanganan terhadap kelompok rentan, pendirian RS lapangan, tempat pengungsian, dapur umum, serta mengantisipasi munculnya penyakit di tempat pengungsian," ujarnya.

Lebih lanjut Puan juga mengingatkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengantisipasi adanya bencana susulan, terutama di wilayah yang berisiko tinggi.

"Lakukan antisipasi dan perkuat upaya pencegahan penanggulangan bencana di setiap daerah, terutama di daerah yang berkategori risiko tinggi bencana, agar dampak bencana dapat diminimalisasi demi melindungi masyarakat dan meminimalisasi kerugian dan kerusakan jika suatu hari bencana terjadi," ujarnya.

Tonton video 'Rentetan Gedung Ambruk di Sulbar, Ada Anak Kecil Terjebak Reruntuhan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2