Diperintah Jokowi, Mensos Risma Akan ke Mamuju Naik Pesawat TNI AU

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 11:11 WIB
Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi,  di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut. ANTARA FOTO/Akbar Tado/wpa/hp.
Gempa Majene dan Mamuju (Akbar Tado/Antara Foto)
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharani (Risma) diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memeriksa kondisi gempa di Majene yang juga berdampak hingga ke Mamuju, Provinsi Sulbar. Risma akan bertolak ke Mamuju dengan pesawat TNI AU.

Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Kemensos Herman Koswara mengatakan Risma akan berangkat dari Jakarta melalui bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Risma akan menuju Mamuju dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

"Posisi saat ini sudah di Halim. Berangkatnya kurang tahu jam berapa karena menggunakan pesawat angkatan udara," ungkap Herman.

Herman belum bisa memastikan kapan Risma akan kembali. "Untuk kembali ke sini lagi nanti masih akan dilihat situasi gitu ya," lanjutnya.

Dihubungi terpisah, Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah juga menyebut Kepala BNPB Doni Monardo berencana mendampingi Risma menuju Mamuju. Doni dan Risma juga akan didampingi oleh sejumlah anggota DPR Komisi VIII.

"Pagi ini, 15 Januari 2021, Kepala BNPB siap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VIII. Mendengar kabar terjadinya gempa di Mamuju, Sulbar, Presiden memerintahkan Doni Monardo dan Mensos Risma berangkat ke Mamuju dan segera merubah rencana, berangkat ke Mamuju Sulawesi Barat," ucap Egy.

Simak video 'BMKG: Gempa M 6,2 Majene Akibat Aktivitas Patahan Lokal':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.