Pimpinan DPR Minta Warga Tak Tiru Raffi Ahmad yang Party Usai Vaksin

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 10:42 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai tindakan Raffi Ahmad yang ikut dalam sebuah pesta setelah disuntik vaksin COVID-19 sangat tidak terpuji. Menurut Azis, seorang public figure harus menjadi contoh untuk masyarakat.

"Sangat tidak terpuji, baik figur publik maupun masyarakat secara luas patut menjadi contoh yang baik dalam penerapan protokol kesehatan. Terlebih sesudah mendapatkan kesempatan didahulukan dalam proses vaksinasi ini. Protokol kesehatan tetap wajib dijalankan," kata Azis dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Azis menyebut kelompok yang divaksin perdana adalah orang terpilih. Dia mengatakan seharusnya Raffi Ahmad menjaga amanah tersebut.

"Ini menjadi contoh yang tidak patut ditiru pasca mendapatkan vaksinasi COVID-19. Sekaligus, saya ingatkan, bahwa yang berhasil divaksinasi tahap awal mendapatkan kesempatan mulia atas hak jutaan masyarakat," kata Azis.

"Tolong jaga amanah tersebut dalam menyukseskan program Vaksinasi COVID-19 Nasional ini sesuai dengan cara yang tepat, protokol kesehatan merupakan salah satu unsur terpenting," lanjutnya.

Diketahui, Raffi Ahmad kedapatan mengikuti pesta pada Rabu (13/1) malam, setelah divaksinasi di pagi harinya. Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker.

Mereka juga terlihat tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan pun viral di media sosial. Raffi pun sudah meminta maaf atas tindakannya.

Politikus Golkar ini mengapresiasi sikap tersebut. Azis berharap Raffi Ahmad tidak mengulangi perbuatan yang sama. "Bagus kalau sudah menyadari kesalahan. Semoga masyarakat juga dapat memaafkannya. Selanjutnya, ini menjadi pelajaran akan pentingnya tetap menjalankan protokol kesehatan sekalipun sudah di vaksinasi COVID-19. Hal ini perlu digarisbawahi," sebut dia.

Lebih lanjut Azis berharap semua tokoh dan elemen masyarakat bersatu mendukung program vaksinasi nasional. Pemikiran negatif terkait vaksin, menurutnya, harus ditinggalkan.

"DPR mengharapkan para teladan, tokoh agama serta kaum intelektual dalam masyarakat dapat konstruktif dan positif dalam mensosialisasikan program vaksinasi nasional sesuai fakta dan mekanisme yang ada. Peredaran hoax maupun pemikiran konspirasi yang tidak mendasar harus ditolak," tutupnya.

Simak video 'Respons Satgas COVID-19 Lihat Ulah Raffi Ahmad Usai Divaksin':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)