Luwu Timur Sulsel juga Gempa M 3,5

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 19:01 WIB
Gempa bumi M 3,5 yang menguncang Luwu Timur, Sulsel (dok. BMKG).
Gempa bumi M 3,5 yang mengguncang Luwu Timur, Sulsel (dok. BMKG).
Luwu Timur -

Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), hari ini juga diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 3,5. Gempa yang terjadi sore tadi tersebut merupakan gempa tektonik.

Menurut laporan BMKG Makassar, gempa bumi terjadi pada Kamis (14/1/2020) sekitar pukul 16.35 Wita. Gempa tektonik tersebut cukup terasa di wilayah Mamasa.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=3,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,50 LS dan 120.76 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 40 Km Barat Laut Malili Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km," ujar Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan dalam keterangan tertulis, Kamis (14/1/2020).

Analisa BMKG berdasarkan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano," jelas Darmawan.

Akibatnya gempa ini cukup terasa di beberapa wilayah di Luwu Timur.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Mangkutana II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang)," imbuhnya.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Analisis BMKG juga menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," katanya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

(nvl/idh)