Rujab Ketua DPRD Sulbar-Masjid Polda Rusak Akibat Gempa M 5,9 di Majene

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 18:02 WIB
Foto dampak gempa di majene Sulbar
Bangunan di Sulbar yang rusak akibat gempa M 5,9 di Majene. (Dok. BNPB)
Majene -

Selain membuat kepanikan warga, gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,9 di Kabupaten Majene membuat sejumlah bangunan di Sulawesi Barat (Sulbar) rusak. Termasuk di antaranya rumah jabatan ketua DPRD Sulbar hingga masjid Polda Sulbar.

Dari laporan yang dihimpun, Rujab Ketua DPRD Sulbar, yang berada di Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan atap di garasi rujab ambruk dan menimpa sejumlah mobil yang terparkir.

"Awal kejadian di pukul 14.00 Wita, kondisi kami sedang duduk di dalam, langsung tiba-tiba terasa getaran gedung. Semakin besar getaran kami langsung lari keluar," ujar salah seorang warga yang tengah berada di rujab tersebut saat kejadian, Hendi.

Hendi mengungkapkan, kepanikan di rujab Ketua DPRD Sulbar mulai terjadi saat material atap ada yang jatuh.

"Karena banyak plafon yang berjatuhan, kami berusaha untuk lari. Setelah kami sampai di sini (di luar), kami melihat banyak motor tertimpa reruntuhan. Untuk korban alhamdulillah belum ada," katanya.

Pasca-kejadian, sejumlah anggota TNI dikerahkan untuk membersihkan dan mengevakuasi sejumlah kendaraan yang tertimpa reruntuhan atap akibat gempa.

Selain rujab Ketua DPRD Sulbar, bangunan masjid Polda Sulbar dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa. Namun belum ada laporan lengkap terkait kerusakan tersebut.

Di kantor Gubernur Sulbar, para pegawai sempat panik saat gempa terasa. Gempa juga membuat peserta rapat pimpinan di lantai 4 kantor Gubernur Sulbar berhamburan ke luar gedung.

"Tadi kami sedang melakukan rapat pimpinan, dalam bingkai evaluasi dan monitoring. Tiba-tiba terjadi gempa dan hampir semua peserta rapat pimpinan berhamburan," ujar Kepala Dinas Permukiman Sulbar, Rachmad.

Menurut Rachmad, pascagempa, sejumlah ASN memilih langsung pulang karena ketakutan.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pukul 13.35 WIB, Kamis (14/1/2021). Lokasi gempa ada di koordinat 2,99 lintang selatan dan 118,89 bujur timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

(nvl/nvl)