Alasan Prada Ilham Sebarkan Berita Bohong: Takut Ketahuan Minum Miras

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 17:12 WIB
Sidang perdana kasus Prada Ilham sebar kabar bohong hingga picu perusakan Polsek Ciracas (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Sidang perdana kasus Prada Ilham sebar kabar bohong hingga picu perusakan Polsek Ciracas. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Prada Muharman Ilham (MI) didakwa menyebarkan berita bohong sehingga memicu perusakan Polsek Ciracas. Dalam surat dakwaan tersebut terungkap sejumlah alasan Prada Ilham membuat berita bohong. Apa saja?

Oditur Militer Salmon Balubun, yang membacakan surat dakwaan, mengatakan Prada Ilham membuat berita bohong terkait kejadian kecelakaan tunggal di Arundina, Cibubur, Jakarta Timur. Prada Ilham mengaku jatuh di Arundina bukan karena kecelakaan, melainkan akibat dipukul oleh orang tak dikenal.

"Serka Zul Febriyanto masuk IGD menemui Terdakwa untuk menanyakan kronologis kejadian kepada Terdakwa. Setelah bertemu dengan Terdakwa lalu saksi II (Serka Zul) bertanya, 'gimana kronologisnya, Ham?' Dijawab oleh Terdakwa, 'pada saat pulang dari kediaman Wakababinkum di lampu merah Arundina, saya disalip orang naik motor yang akan belok kiri, terus saya kejar dan saya tahan. Tapi dia malah ngotot, ngatain saya tentara goblok, saya pukul, Bang. Habis itu ada orang-orang yang pukul saya dari belakang. Setelah itu saya tidak tahu apa-apa lagi'," kata Salmon saat membacakan surat dakwaan Prada Ilham, di Pengadilan Militer Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021).

Ternyata, faktanya tidak sama dengan yang diceritakan Prada Ilham. Salmon mengungkapkan Prada Ilham sengaja membuat berita bohong terkait kecelakaan itu karena takut ketahuan telah minum minuman keras (miras).

"Bahwa alasan Terdakwa tidak menceritakan peristiwa atau kejadian yang sebenarnya saat ditanya oleh Serka Zul Febrianto Harahap, Serma Yudi Suhardiman, Sertu Daryanto Brigadir Darma, Prada Muhammad Faisal dan Prada Novrendo, serta Iptu Yudhi disebabkan Terdakwa merasa takut akan diproses di kesatuan apabila kesatuan mengetahui bahwa Terdakwa terjatuh disebabkan oleh pengaruh minuman-minum keras," ungkap Salmon.

Salmon membeberkan Prada Ilham terlebih dahulu mengkonsumsi miras sebelum insiden kecelakaan tunggal di Arundina, Cibubur. Prada Ilham mengkonsumsi miras bersama dua rekannya, Serka Zul Febrianto Harahap dan Prada Andi Hakim Nasution.

"Minum bersama Serka Zul Febrianto Harahap dan Prada Andi Hakim Nasution di ruang piket jaga Madirkumad," sebutnya.

Tak hanya itu, Salmon mengatakan Prada Ilham juga takut diproses hukum akibat kecelakaan tunggal itu. Sebab, Salmon mengungkapkan Prada Ilham tidak memiliki SIM C.

"Terdakwa juga merasa takut akan diproses hukum, karena saat mengendarai motor tidak memiliki SIM C umum atau sipil. Terdakwa takut kepada Kolonel Jaka Rohmat, karena selama ini telah dipercaya oleh Kolonel Jaka Rohmat sebagai pengemudinya dan dipinjami sepeda motor," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2