Djoko Tjandra Protes Namanya Disebut di Manifes Garuda Perjalanan Domestik

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 17:11 WIB
Djoko Tjandra kembali menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo hadir sebagai saksi.
Djoko Tjandra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi dari Garuda Indonesia bernama Muhammad Oki Zuheimi mengungkapkan nama Djoko Tjandra tercatat sebagai penumpang Garuda Indonesia perjalanan domestik dalam kurun 2020. Djoko Tjandra pun membantah keterangan Oki.

Awalnya, Oki, yang merupakan Manager Operator System Garuda Indonesia, mengatakan pernah diminta penyidik menunjukkan manifes penumpang atas nama Pinangki Sirna Malasari, Anita Kolopaking, Rahmat, Andi Irfan Jaya, dan Joko Soegiarto Tjandra. Oki mengaku saat itu menemukan manifes kelima orang itu.

Tapi Oki tak menemukan nama Joko Soegiarto Tjandra. Dia mengaku justru menemukan nama Djoko Tjandra.

"Total manifes ada banyak? Saya lupa jumlah pasti, kalau untuk terkait atas nama Djoko Tjandra, di situ kalau nggak salah ada 2 manifes," kata Oki saat bersaksi dalam sidang Djoko Tjandra di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

Selain manifes dengan nama Djoko Tjandra, dia menemukan nama Pinangki, Rahmat, Anita Kolopaking, dan Andi Irfan dalam manifes pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Kuala Lumpur. Sedangkan Djoko Tjandra tercatat di manifes perjalanan domestik.

"Untuk yang saya sampaikan tadi proses penerbangan domestik. Manifes Bapak Djoko Tjandra adalah penerbangan domestik," kata Oki.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Oki menyebut penerbangan Djoko Tjandra itu rute Pontianak-Cengkareng pada 20 Maret dan 10 April 2020. Namun, Oki mengaku tidak memastikan apakah yang tertera dalam manifes itu benar-benar Djoko Tjandra yang saat ini menjadi terdakwa atau orang lain memiliki nama yang sama.

Djoko Tjandra membantah. Simak pernyataannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2