2 Emak-emak Terekam CCTV Curi Rokok Rp 3 Juta di Pasar Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 15:21 WIB
Lokasi 2 emak-emak terekam CCTV curi rokok di Pasar Gotong Royong, Probolinggo.
Lokasi 2 emak-emak terekam CCTV curi rokok di Pasar Gotong Royong, Probolinggo. (Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Perempuan setengah baya terekam mencuri rokok milik pembeli di Pasar Gotong Royong, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim). Rokok yang dicuri senilai sekitar Rp 3 juta.

Aksi pencurian itu terekam CCTV toko di Toko Omah Daleman, Rabu (13/1) kemarin. Rokok yang dicuri milik pembeli.

"Yang terekam kamera CCTV, ada 2 emak-enak memakai hijab dan pakai masker, mondar-mandir di sepeda motor pelanggan yang saat itu, sibuk memilih barang pakaian dalam di toko tempatnya bekerja, rokok yang ditaruh di gantungan motor sama pelaku diambil dan ditaruh di dalam rok salah satu pelaku, setelah berhasil ambil rokok langsung kabur," ujar pelayan Toko Omah Daleman, Ratnasari, saat dimintai konfirmasi, Kamis (14/1/2021).

Dalam rekaman CCTV, 2 emak-emak itu datang mengendarai motor matic warna putih, dan langsung melihat barang di toko pakaian dalam tempat korbannya membeli. Sambil melihat situasi, keduanya ada yang menutupi dan ada yang memasukkan rokok ke dalam rok. Usai itu, mereka pergi.

Tak lama kemudian, korban kaget setelah rokok yang akan dijual lagi di kiosnya raib. Dia langsung melihat dan meminta rekaman CCTV di tempat toko yang didatangi.

Dalam video, tampak 2 emak-emak itu yang mengambil. Korban langsung melapor ke kantor Pasar Gotong Royong dan petugas berusaha mengejar pelaku tapi tidak berhasil.

"Korban datang ke kantor Pasar Gotong Royong, melaporkan barang dagangan berupa rokok dicuri orang, setelah melihat hasil rekaman CCTV, teryata ada 2 pelaku perempuan berhijab yang mencuri barangnya, kita kejar namun salah arah, petugas pasar mengejar ke arah barat, pelaku kabur lewat pintu sebelah timur," jelas pegawai Pasar Gotong Royong, Rubik Irwanto. Namun, korban tidak melapor ke polisi.

Aksi pencurian terekam CCTV di Toko Omah Daleman sudah 2 kali terjadi. Sebelumnya perempuan berhijab juga terekam CCTV mencuri ponsel. (idh/idh)