Pengacara Ungkap Kondisi Habib Rizieq Kadang Masih Sesak Napas

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 13:40 WIB
Aziz Yanuar berkopiah (Yogi Ernes/detikcom).
Aziz Yanuar berkopiah (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Tersangka kasus penghasutan dan kerumunan di Petamburan Habib Rizieq Shihab hari ini dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim Polri. Pihak pengacara pun menyoroti soal kesehatan Habib Rizieq.

Aziz Yanuar, salah satu anggota tim pengacara Habib Rizieq, meminta polisi memperhatikan kesehatan Habib Rizieq saat kliennya tersebut dipindahkan ke Rutan Bareskrim. "Kami berharap pelayanan kesehatan dan perhatian kepada kesehatan beliau," kata Aziz ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Menurut Aziz, selama Habib menjalani masa tahanan di Rutan Polda Metro Jaya, pihak rutan memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada kliennya itu. Dia berharap hal serupa juga dapat dilakukan oleh petugas di Rutan Bareskrim.

"(Harapan pelayan kesehatan) tidak kalah dengan yang di Polda Metro Jaya karena yang di sini kondisinya cukup baik," jelasnya.

Selain itu, Aziz mengungkapkan kondisi terakhir kesehatan Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, hingga saat ini kondisi kesehatan kliennya masih tergolong lemah.

Habib Rizieq, sambung Aziz, masih kerap mengeluhkan rasa sakit di bagian lambung dan pencernaannya.

"Kondisinya masih kurang baik, masih kadang suka sesak napas, infonya. Ada permasalahan di lambung dan pencernaan beliau. Kondisi kesehatannya lemah akan tetap dari pihak Dokkes (Dokter Kesehatan) di sini turut membantu dengan maksimal," terang Aziz.

Diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq Shihab akan dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim Polri hari ini. Pemindahan itu dilakukan agar memudahkan tim penyidik mengurus pemberkasan kasus yang melibatkan Habib Rizieq. Selain itu, kondisi Rutan Polda Metro Jaya sudah cukup padat.

"Pertimbangannya, tahanan di PMJ terlalu padat, sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya," Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (14/1/2021).

Habib Rizieq ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Habib Rizieq menjalani penahanan untuk 20 hari pertama sejak 12 Desember hingga 31 Desember 2020 dan diperpanjang selama 40 hari ke depan.

Selain Habib Rizieq Shihab, Polda Metro Jaya juga menetapkan lima tersangka lainnya dari kasus kerumunan di Petamburan.

Berikut daftar para tersangka:
1. Habib Rizieq selaku penyelenggara acar
2. Haris Ubaidillah selaku ketua panitia
3. Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia
4. Maman Suryadi, Panglima FPI sekaligus penanggung jawab keamanan acara
5. Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara
6. Habib Idrus selaku kepala seksi acara

(ygs/gbr)