Kasus Corona di Bali Naik Usai Libur Akhir Tahun, Koster: Meningkat Tajam

Angga Riza - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 11:49 WIB
I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Kasus positif COVID-19 di Bali meningkat dalam beberapa hari terakhir. Gubernur Bali I Wayan Koster menyebut peningkatan kasus ini merupakan klaster libur panjang akhir tahun.

I Wayan Kloster sudah menduga kasus positif di Bali akan meningkat selepas libur akhir tahun. Penyebabnya adalah banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali saat libur akhir tahun.

"Saya kira semua memahami bahwa pandemi COVID-19 ini sudah cukup lama, hampir setahun sejak bulan Maret 2020 yang lalu. Sekarang kita sudah di bulan Januari 2021, sudah cukup lama COVID-19 ini melanda kita. Dan Bali belakangan ini juga mulai meningkat lagi setelah wisatawan di akhir tahun Desember yang lalu sekaligus menyambut tahun baru yang datang ke Bali itu 400 ribu lebih dan saya sudah memperkirakan pasti begitu pulang nanti akan banyak kasus positif. Ternyata benar, dalam minggu-minggu ini, kasus positif per harinya meningkat tajam," kata Koster dalam sambutannya di acara pencanangan vaksin COVID-19 di RSBM, Bali, Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut I Wayan Koster menambahkan, dua hari terakhir ini lonjakan kasus COVID-19 di Bali naik drastis. Ia juga menilai kasus bulan ini lebih tinggi dibanding awal kasus COVID-19 pada Maret 2020.

"Dua hari yang lalu 300 lebih, kemarin 260. Bulan ini munculnya per hari dibandingkan hari per hari ketika kasus ini baru muncul bulan Maret 2020. Jadi ini cukup tinggi. Kalau itu kita tidak bisa mengandalkan tertib di dalam melaksanakan protokol kesehatan dan sekarang Bapak Presiden menggariskan kepada kita semua untuk mengikuti vaksinasi yang tujuannya untuk menambahkan kekebalan dalam tubuh, memperkecil risiko penularan dan tentu kita berharap agar pandemi COVID-19 di Bali dan di Indonesia segera berakhir," jelas I Wayan Koster.

"Kita sedang merasakan semua bahwa pariwisata di Bali sudah sangat terpuruk akibat pandemi COVID-19 perekonomian di Bali juga sudah sangat terganggu. Semoga tahun ini pandemi COVID-19 segera berlalu, bisa kita lewati dengan baik," lanjutnya.

Untuk diketahui, update kasus positif di Bali pada Rabu (13/1/2021) bertambah 268 orang. Sebanyak 236 orang tertular melalui transmisi lokal dan 32 pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

(isa/isa)