PAN: Raffi Ahmad Ingkari Kepercayaan Pemerintah dan Harapan Publik

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 11:29 WIB
Viral Raffi Ahmad tak pakai masker usai vaksin
Raffi Ahmad berpesta tanpa protokol kesehatan COVID-19 setelah divaksinasi. (Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Anggota Komisi IX Fraksi PAN Saleh Daulay menyayangkan tindakan Raffi Ahmad yang ikut serta dalam sebuah pesta setelah divaksinasi COVID-19 di Istana Merdeka kemarin. Saleh menilai tindakan Raffi Ahmad sebagai contoh yang tidak baik.

"Saya sayangkan tindakan Raffi Ahmad itu karena tentu dia hadir dalam proses vaksin ini. Itu kan untuk berikan contoh kepada masyarakat. Lalu dengan tindakan yang dilakukan, itu kan contoh tidak baik," kata Saleh kepada wartawan, Kamis (14/1/2021).

Saleh mengatakan Raffi Ahmad telah mengingkari kepercayaan pemerintah terhadapnya sebagai perwakilan influencer. Dia menyebut Raffi seharusnya tidak sembrono dalam bertindak setelah divaksinasi.

"Dia ingkari kepercayaan pemerintah dan harapan masyarakat. Ya harusnya jangan sembrono, langsung melakukan kegiatan seperti itu," ujarnya.

Apalagi, menurut Saleh, pemerintah sudah kerap mengingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, termasuk terhadap mereka yang sudah divaksinasi.

"Kan selalu diingatkan bahwa walaupun sudah divaksin, bukan berarti prokes dilupakan. Mereka yang sudah divaksin tetap harus mengikuti prokes," ucapnya.

Untuk diketahui, Raffi Ahmad, salah satu selebritis yang diberi kesempatan vaksin perdana di Istana Kepresidenan, kedapatan ikut pesta usai divaksinasi. Keberadaan Raffi di sebuah pesta, Rabu (13/1) kemarin, diketahui dari berbagai unggahan IG Story sejumlah selebriti, seperti di akun @anyageraldine dan akun IG Raffi sendiri, @raffinagita1717.

Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker. Mereka juga tampak tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan pun viral di media sosial.

Menanggapi hal itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengaku akan menasihati Raffi. "Kami akan nasihati," ujar Heru saat dihubungi, Kamis (14/1).

(eva/aud)