Round-Up

Babak Baru 2 Kasus Kerumunan Habib Rizieq

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 07:16 WIB
Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus kerumunan di Petamburan, setelah ditetapkan sebagai tersangka. Habib Rizieq tiba di Polda Metro Jaya.
Foto: Ari Saputra

Atas dasar itulah, Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Hengki menyebut pihak kepolisian akan menindaklanjuti kasus Habib Rizieq. Menurutnya yang dilakukan penyidik selama ini sudah sesuai peraturan.

"Putusan dari hakim tunggal bahwa permohonan dari pemohon terhadap proses perkara yang dilakukan penyidik Direktorat Kriminal Umum permohonan pemohon ditolak seluruhnya. Dan artinya, apa yang dilakukan oleh penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya sudah sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku," kata Kombes Hengki usai sidang di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Selasa (12/1/2021).

Menurut Hengki, dengan adanya putusan ini, penyidik akan merampungkan berkas perkara Habib Rizieq. Setelah itu, penyidik akan menyerahkannya ke jaksa penuntut umum agar segera disidangkan.

"Proses hukum selanjutnya adalah dari penyidik tentunya akan menyerahkan berkas perkara kepada jaksa penuntut umum untuk dilakukan, diteliti dan dilaksanakan tentunya nanti di sidang terkait masalah materi pokok perkara," kata Hengki.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut penetapan Habib Rizieq sebagai tersangka sesuai dengan minimal dua alat bukti yang dimiliki penyidik. Dengan ditolaknya praperadilan tersebut, kata Argo, Polri tidak asal dan merekayasa dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka.

"Dengan putusan hakim, maka penetapan tersangka sudah sesuai dua alat bukti. Artinya Polri tidak asal-asalan apalagi merekayasa," ujar Argo.

Kasus Habib Rizieq akan diserahkan ke JPU, simak selengkapnya.