Top 5 News

Jokowi Disuntik Vaksin, Komjen Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 20:21 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang divaksin COVID-19 di Indonesia. Proses vaksinasi terhadap orang nomor satu di RI itu dilakukan oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Dr Abdul Muthalib dan digelar secara terbuka ke publik.

Sementara itu, DPR RI telah menerima Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo terkait rekomendasi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Dalam rekomendasi tersebut, Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi nama yang direkomendasikan sebagai calon tunggal Kapolri.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (13/1/2021).

1. Jokowi Resmi Disuntik Vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima vaksin COVID-19. Jokowi menerima dosis pertama vaksin COVID-19 dan Sinovac. Sebelum disuntik, Jokowi dites tekanan darah dan ditanya ada atau tidaknya gejala yang ia rasakan.

Selain Jokowi, sederet pejabat lain juga turut divaksinasi. Di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua PB IDI dr Daeng M Faqih hingga Kapolri dan public figure.

Artikel Selengkapnya: Momen Jokowi Divaksin

2. Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri

Presiden Jokowi telah resmi mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri ke DPR RI. Komjen Listyo Sigit Prabowo setelahnya akan diuji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan proses selanjutnya akan dilakukan secara internal oleh DPR RI. Mekanisme pemberian persetujuan akan dimulai dengan rapat pimpinan yang kemudian dilanjutkan dengan rapat di Badan Musyawarah (Bamus).

Artikel Selengkapnya: Ini Profil Komjen Listyo Sigit

3. Raffi Ahmad Ikut Disuntik Vaksin di Istana

Artis Tanah Air Raffi Ahmad ikut vaksinasi urutan pertama bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Raffi pun mengajak masyarakat agar tidak takut divaksin COVID-19.

Ia berharap setelah vaksinasi dilakukan serentak di Indonesia virus Corona segera hilang. Tak lupa, Raffi uga mengajak masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan walau sudah ada vaksin COVID-19.

Artikel Selengkapnya: Raffi Ahmad: Jangan Takut Vaksin Guys

4. Banjir Rendam Puluhan Rumah di Tasikmalaya

Akibat luapan sungai Citanduy dan Cikidang usai hujan deras, banjir langganan kembali melanda Desa Tanjungsari, Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya.

Akibatnya, 45 rumah warga di Dusun Bojongsoban terendam air dengan ketinggian 30 centimeter hingga setengah meter. Banjir juga merendam 21 hektar lahan sawah, area pemakaman umum serta beberapa titik jalan utama.

Arikel Selengkapnya: Banjir Rendam 45 Rumah Warga

5. MU Puncaki Klasemen Liga Inggris

Manchester United saat ini berstatus pemuncak klasemen Premier League setelah meraih poin penuh usai melibas Burnley dengan skor 1-0 pada dini hari tadi. Ole Gunnar Solskjaer pun angkat topi dengan pencapaian anak-anak asuhnya tersebut.

Tambahan tiga poin itu membuat MU mengoleksi 36 poin dari 17 pertandingan Premier League musim ini. Klub asal Manchester itu mampu merebut kursi pemuncak klasemen dari Liverpool dengan keunggulan tiga poin.

Artikel Selengkapnya: MU Rebut Puncak Klasemen, Solskjaer Bilang Wow

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)