Pujian Legislator PDIP untuk Calon Kapolri Listyo Sigit: Aset Terbaik Polri!

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:45 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)

Lebih jauh, Arteria juga menyebut ada kedekatan antara Jokowi dan Listyo. Jokowi, menurutnya, merasa aman dan nyaman ketika Listyo menjadi ajudannya.

"Presiden merasa 'nyaman' dan 'aman' dengan Mas Sigit. Beliau 'terlayani dengan baik' dan Mas Sigit sepertinya paham betul apa yang menjadi keinginan Pak Jokowi. Ini yang menjadi pembeda dibandingkan dengan kompetitor yang lain," imbuhnya.

Kemudian, Arteria tidak sepakat jika dikatakan pemilihan Listyo ini merusak tatanan Polri. Sebaliknya, dia menilai Listyo mampu menjawab tantangan untuk membenahi Polri.

"Ini saatnya untuk melakukan pembenahan internal Polri secara paripurna. Saatnya untuk fokus menjadikan Polri yang menjawab tantangan dan kebutuhan publik. Rentang waktu kepemimpinan yang panjang ini dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan visi Polri yang 'Profesional, Modern dan Terpercaya'," ungkap Arteria.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

Halaman

(maa/tor)