PPP: Calon Kapolri Listyo Sigit Sosok Mau Mendengar, Tak Masalah Angkatan Muda

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 17:51 WIB
Arsul Sani
Arsul Sani (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri (cakapolri) tunggal. PPP pun menghormati keputusan Jokowi.

"PPP menghormati keputusan Presiden Jokowi yang telah menunjuk Komjenpol LSP sebagai calon Kapolri dan mengirimkannya kepada DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Selama ini kami di PPP juga berkomunikasi dengan baik dengan Komjenpol LSP, bahkan sejak beliau menjadi Kapolres Pati, Kapolda Banten, dan pada saat ini sebagai Kabareskrim Mabes Polri," kata anggota Komisi III Fraksi PPP Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Menurut Arsul, Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok yang mau mendengarkan masukan dari berbagai pihak. Dia pun tidak mempermasalahkan angkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang lebih muda dari kandidat calon Kapolri lainnya.

"Beliau termasuk pati Polri yang membuka ruang lebar untuk mendengarkan masukan dari banyak pihak, termasuk kami di PPP. Soal angkatan Pak LSP (angkatan 91) yang relatif muda tersebut kami tidak melihatnya sebagai sebuah masalah, karena sebelumnya juga telah ada preseden pada saat Presiden memilih Pak Tito Karnavian sebagai Kapolri," ujar Sekjen PPP itu.

PPP meyakini Komjen Listyo Sigit Prabowo dapat mengatasi soal senioritas di tubuh Korps Bhayangkara. Sebab, Komjen Listyo Sigit Prabowo dinilai mau menyerap aspirasi.

"Kami yakin hal-hal yang sifatnya psikologis yang timbul terkait dengan senioritas akan bisa diatasi Pak LSP karena beliau selama ini dikenal sebagai sosok yang mau mendengar," imbuh Wakil Ketua MPR itu.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Penyetoran nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat Presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(rfs/mae)