Pakar Marketing HK soal Sosok Calon Kapolri Listyo Sigit: Leadership Tinggi

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 17:05 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Citra Nur Hasanah/20detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) sebagai calon Kapolri tunggal. Pakar marketing Hermawan Kartajaya (HK) mengapresiasi keputusan tersebut.

"Saya menyambut baik Pak Jokowi menunjuk Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri. Saya pikir penunjukan ini tepat karena Pak Listyo Sigit sosok yang punya leadership tinggi dan berjiwa entrepreneur," kata Hermawan kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Ada sejumlah nama jenderal yang disodorkan menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis, yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. Menurut Hermawan, nama-nama yang masuk itu adalah putra terbaik bangsa di Korps Bhayangkara. Karena itu, sudah pasti Jokowi memilih yang terbaik untuk bangsa.

"Sudah pasti Pak Jokowi memilih yang terbaik di antara yang terbaik," sambung sosok yang akrab disapa HK ini.

MarkPlus Conference 2021Hermawan Kartajaya (Foto: dok. MarkPlus Conference 2021)

Hermawan menyatakan Komjen Listyo Sigit kompeten menjadi Kapolri. Ada sejumlah alasan, di antaranya menurut dia Listyo Sigit menerapkan kepemimpinan kreatif sejak memimpin Bareskrim Polri pada 6 Desember 2019. Listyo berhasil mengungkap banyak kasus kejahatan besar dan berani menindak tegas oknum polisi yang terlibat dalam kejahatan serta yang meresahkan investor.

Inisiatif kreatif Komjen Listyo Sigit lainnya, menurut Hermawan, yang pantas diapresiasi adalah pembentukan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) di masa pandemi COVID-19.

Atas dasar itu, lanjut Hermawan, Komjen Listyo Sigit menerima CI-EL Medal of Distinction 2020 dari Markplus Inc pada 9 Desember 2020 dalam agenda Markplus Conference ke-15.

MarkPlus Conference 2021MarkPlus Conference 2021 (Foto: dok. MarkPlus Conference 2021)

Founder & Chairman MarkPlus Inc ini menjelaskan CI-EL 2020 Medal of Distinction diberikan kepada individu yang menunjukkan creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership (CIEL) yang patut dicontoh dan memberikan impact besar pada kinerja organisasi serta masyarakat luas.

"Penghargaan itu diberikan pada tokoh yang dinilai kreatif, inovatif, berjiwa entrepreneur dan punya leadership. Creative berarti ada ide baru, innovative solusi, entrepreneur selalu melihat opportunity, mengambil risiko yang diperhitungkan dan kolaborasi dengan berbagai pihak, leader dalam menjalankan eksekusi tetap memegang nilai-nilai universal," ujar Hermawan.

"Itu terlihat sekali pada waktu keberhasilan Pak Listyo Sigit dalam penangkapan Djoko Tjandra, yang sudah bertahun-tahun tidak berhasil diselesaikan bahkan sempat merusak citra Polri kalau dibiarkan. Selain itu, ada berbagai prestasi lain yang menonjol selama beliau bertugas sebagai Kabareskrim," sambungnya.

(hri/fjp)