NasDem Ungkap Prestasi Cakapolri Listyo Sigit: Berani Usut 2 Jenderal

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 13:57 WIB
Taufik Basari
Taufik Basari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri baru pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Partai NasDem mengungkap Listyo sebagai sosok yang selalu bekerja dengan senyap namun tetap tepat dan terukur.

"Komjen Listyo Sigit memiliki rekam jejak yang bagus dan memberikan harapan untuk membawa Polri yang profesional, modern, dan terpercaya," kata Ketua DPP NasDem Taufik Basari saat dihubungi, Rabu (12/1/2021).

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan Jokowi pasti sudah mempertimbangkan dengan baik untuk mengajukan Listyo sebagai pengganti Idham Azis. Taufik memastikan pihak Komisi III akan melakukan pendalaman terkait visi dan misi Listyo ke depannya sebagai pimpinan Polri.

"Nanti di Komisi III kita akan melakukan pendalaman untuk lebih mengetahui visi, misi, dan program beliau. Banyak tantangan yang akan dihadapi, karena itulah dalam fit and proper test Komisi III akan kita tanyakan," ucap Taufik.

Kemudian Taufik juga menyinggung soal sepak terjang Komjen Listyo Sigit selama ini khususnya ketika menjabat Kabareskrim Polri. Taufik menyebut Listyo sebagai sosok yang berprestasi menangkap Djoko Tjandra hingga bahkan memecat 2 Jenderal yang terlibat.

"Salah satu prestasi beliau adalah dalam hal menangkap Djoko Tjandra, bekerja dengan senyap namun terukur dan tepat. Beliau juga menunjukkan kesungguhan dengan tidak ragu mencopot 2 Jenderal terkait dengan kasus tersebut," ujarnya.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(maa/tor)