ADVERTISEMENT

Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Vaksinator Prof dr Abdul Muthalib

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 11:44 WIB
Presiden Jokowi disuntik vaksin Corona (COVID-19)
Foto: Jokowi divaksinasi (Agus Suparto/Pool).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah disuntik vaksin Corona dari Sinovac. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada vaksinatornya, dr Abdul Muthalib.

"Sekali lagi saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Profesor dokter abdul mutolib yang tadi menyuntikkan vaksinnya kepada saya. Terima kasih," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Setpres, Rabu (13/1/2021).

Jokowi menyebut vaksinasi Corona perdana di Indonesia dilaksanakan setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dan setelah fatwa halal dari MUI keluar. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memperlancar vaksinasi Corona di Indonesia.

Jokowi mengingatkan masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan meski vaksinasi Corona resmi bergulir hari ini.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Ini tetap terus kita lakukan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," tegas Jokowi.

Sekilas tentang dr Abdul Muthalib. dr Abdul Muthalib adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan. dr Abdul Muthalib menjadi vaksinator atau orang yang menyuntikkan vaksin Sinovac ke Jokowi.

Prof Abdul Muthalib, SpPD-KHOM adalah seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik yang aktif melayani pasien di RS Mayapada Jakarta Selatan, RS Gading Pluit, dan RS Medistra.

Dikutip dari laman Interna Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), pria kelahiran lahiran Jakarta pada 3 Januari 1945 ini mendapatkan gelar spesialisnya setelah ia menyelesaikan pendidikan di Universitas Indonesia, Depok pada tahun 1969, kemudian ia mengambil spesialis ilmu penyakit dalam FKUI pada tahun 1980.

Berdasarkan penelusuran detikcom, Prof Abdul tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia sebagai anggota, yang bertujuan untuk bisa memberikan layanan Konsultasi, Pemeriksaan dan Pengobatan terkait penyakit dalam khususnya Hematologi Onkologi (kanker dan gangguan darah).

dr Abdul Muthalib menceritakan kesan dirinya usai menyuntikkan vaksin Sinovac ke Jokowi.

"Menyuntik orang pertama di Indonesia tentunya ada rasa juga. Tetapi masalah itu tidak menjadi halangan bagi saya untuk menyuntikkannya. Pada waktu menyuntikkannya tidak gemetaran lagi. Pertamanya saja agak gemetaran," tuturnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/1).

Meski gemetar, Dokter Abdul Muthalib menegaskan prosedur penyuntikan sudah sesuai prosedur. Bahkan, Ia mengaku mendengar sendiri tak ada keluhan serius yang dialami Presiden Jokowi.

"Saya dibantu perawat saya, saya gosok alkohol dulu seperti prosedur biasa dan saya suntikkan, setelah saya suntik Bapak tidak merasa sakit sedikit pun, jadi tidak ada perasaan apa-apa, saya berhasil menyuntik bapak presiden dengan tanpa rasa sakit, bapak komentarnya juga tanpa rasa sakit, alhamdulillah," ucapnya.

Tonton video 'Dokter Kepresidenan Gemetar Saat Suntik Vaksin Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT