Jokowi Divaksin Hari Ini, PAN Minta Tak Ada Kecurigaan: Yang Disuntik Sinovac

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 07:50 WIB
Ketua DPP PAN, Saleh Daulay
Saleh Daulay (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan disuntik vaksin COVID-19 hari ini. Anggota Komisi IX Fraksi PAN DPR RI, Saleh Pertaonan Daulay, yakin bahwa vaksin yang disuntikkan ke Jokowi adalah produksi Sinovac China.

"Tidak perlu curiga. Saya tidak curiga. Saya percaya bahwa Kemenkes bekerja secara profesional. Vaksin yang disuntikkan pastilah sama," kata Saleh kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, saya yakin bahwa vaksin yang akan disuntikkan kepada presiden sama dengan vaksin yang akan disuntikkan ke masyarakat. Dengan disuntikkan ke presiden, itu adalah jaminan keamanan dari vaksin ini," imbuhnya.

Saleh mengatakan vaksin yang disuntikkan ke Jokowi adalah produksi Sinovac. Dia mengatakan vaksinasi adalah proses yang serius.

"Kalau vaksinnya sama-sama Sinovac, khasiat, mutu, dan keamanannya pasti sama. Mungkin akan berbeda jika pakai produk lain dari perusahaan lain. Yang jelas, untuk tahap awal ini semua vaksinnya sama, yaitu Sinovac. Ini pekerjaan serius. Tidak main-main. Karena itu, Kemenkes juga pasti serius dan sungguh-sungguh," sebut Saleh.

Saleh menegaskan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan bahwa vaksin COVID-19 Sinovac aman. Dia juga telah menerima penjelasan terkait vaksin Corona ini dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"BPOM menyatakan bahwa vaksin ini aman. Efikasinya 65,3 persen. Dan hari ini, Menkes menjelaskan bahwa vaksinasi sudah siap dilaksanakan mulai besok hari. Itu artinya, segala sesuatu yang berkenaan dengan vaksinasi telah disiapkan dengan baik," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2