Panglima TNI Ungkap Awal Mula Penemuan FDR Black Box Sriwijaya Air

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:07 WIB
Jumpa Pers Panglima TNI dan Menhub di JICT II
Jumpa pers Panglima TNI dan Menhub di JICT II (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan proses penemuan flight data recorder (FDR) black box pesawat Sriwijaya Air SJ182. Hadi menyebut tim penyelam TNI AL awalnya menemukan pecahan FDR.

"Hari ini tepat jam 14.00, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan informasi kepada saya bahwa sesuai dengan perkiraan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari flight data recorder pada jam 14.00," kata Hadi saat jumpa pers di Dermaga JICT II, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).

Hadi mengatakan tim awalnya menemukan pecahan FDR. Lalu dilakukan pencarian di lokasi yang sama hingga ditemukan bagian FDR yang lainnya.

"Kepada Staf menyampaikan bahwa bagian yang ditemukan justru adalah pecahan dan underwater acoustic beacon, yang fungsinya memberikan sinyal dan saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah yang menjadi perkiraan kita semuanya," jelasnya.

Hadi mengatakan, pada pukul 16.40 WIB, bagian FDR ditemukan kembali. Saat ini tim masih mencari cockpit voice recorder (CVR).

"Pukul 16.40 KSAL melaporkan kembali bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan pula bahwa underwater acoustic beacon ditemukan sebanyak dua. Artinya, satu lagi cockpit voice recorder masih perlu dicari dengan tanpa adanya bantuan yaitu beacon tersebut," katanya.

Diketahui, black box atau kotak hitam berupa flight data recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ182 sudah ditemukan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pencarian korban dan badan pesawat terus dilakukan.

"Saudara-saudara sekalian, operasi belum selesai karena terus akan kita lakukan evakuasi korban, termasuk seluruh potongan bodi pesawat juga kita upayakan diangkat," kata Panglima TNI di Dermaga JICT, Jakarta Utara, Selasa (12/1).

Tonton video 'KNKT Butuh 2-5 Hari untuk Mengunduh Data Black Box SJ182':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)