Satgas: Ini Minggu yang Berat untuk Penanganan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 17:24 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan satu minggu terakhir ini merupakan minggu yang berat bagi penanganan COVID-19. Satu minggu terakhir ini kasus Corona harian bisa lebih dari 10 ribu kasus.

"Hari ini saya ingin menyampaikan bahwa satu minggu terakhir ini merupakan minggu yang berat untuk penanganan COVID-19 di Indonesia. Di mana kasus harian kita berada pada angka 9.000, bahkan sampai lebih dari 10 ribu setiap harinya," kata Wiku dalam video yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1/2021).

"Mengapa saya katakan berat? Karena penambahan kasus harian ini berimbas negatif pada efektivitas penanganan COVID-19 di negara kita," lanjutnya.

Dia mengilustrasikan kondisi ini dengan penambahan kasus Corona yang berimbas pada keterisian tempat tidur di rumah sakit.

"Sebagai contoh, penambahan kasus positif harian berimbas pada meningkatnya keterisian tempat tidur di rumah sakit dan bertambahnya beban para petugas kesehatan," ujarnya.

Wiku menjelaskan penambahan kasus COVID-19 ini bisa berimbas pada penanganan pasien yang ada di rumah sakit. Imbasnya bisa berpotensi meningkatkan angka kematian akibat Corona.

"Hal ini secara langsung dapat berdampak negatif kepada keseluruhan usaha penanganan atau treatment di rumah sakit tersebut. Apabila angka ini terus meningkat dan menyebabkan kasus rumah sakit penuh, maka sangat berpotensi untuk menaikkan angka kematian akibat COVID-19," tuturnya.

Lebih lanjut Wiku memperingatkan soal kondisi sistem kesehatan yang bisa lumpuh. Menurutnya, jika sistem kesehatan lumpuh, yang dirugikan bukan hanya pasien COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2