Hujan Deras-Sungai Meluap, 3 Daerah di Sumbar Terendam Banjir

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:53 WIB
Banjir di Sumbar (dok. Istimewa)
Banjir di Sumbar (dok. Istimewa)
Padang -

Banjir merendam tiga daerah di Sumatera Barat (Sumbar), yakni Kabupaten Solok, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan. Banjir diduga dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan itu.

"Laporan yang kami terima, sampai hari ini ada tiga daerah yang dilanda banjir. Saat ini sudah dan masih ditangani petugas di lapangan," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman, kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Menurut Erman, banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (11/1) hingga Selasa (12/1) dini hari. Hujan menyebabkan air sungai meluap.

"Hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama sehingga air sungai meluap," kata Erman.

Di Kabupaten Solok, banjir melanda Kecamatan Bukit Sundi, tepatnya di Nagari Muaro Paneh dan Kecamatan Kubung, di Nagari Salayo dan Nagari Koto Baru. BPBD Kabupaten Solok bersama TNI, Polri, Tagana, hingga PMI sedang mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Sementara itu, di Kota Solok, banjir terjadi di Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjuang Harapan. Di Kecamatan Lubuk Sikarah, ada sejumlah kelurahan yang digenangi banjir.

Selanjutnya, banjir melanda Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sungai Pagu di Kabupaten Solok Selatan. Tak ada korban jiwa akibat banjir di tiga wilayah itu.

"Pantauan tim di lapangan, korban jiwa Alhamdulillah nihil sejauh ini," kata Erman.

(haf/haf)