Munarman Protes Rekening Diblokir, PPATK: Tak Usah Khawatir Uang Tetap Ada

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 18:07 WIB
Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae
Kepada PPATK, Dian Ediana Rae (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman protes lantaran rekening yang digunakan untuk pengobatan ibu diblokir. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengatakan pemblokiran dilakukan lantaran pihaknya sedang melakukan analisis terkait aktivitas rekening.

"Prinsipnya analisis PPATK harus komprehensif ya agar tuntas dalam melakukan analisis dan pemeriksaan," kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae, saat dihubungi, Senin (11/1/2021).

Dian mengatakan, saat pemblokiran ini, PPATK sedang melakukan pemeriksaan dan analisis. Pemeriksaan dilakukan untuk menjaga integritas sistem keuangan.

"Jadi pihak-pihak terafiliasi memang secara bersamaan menjadi objek analisis dan pemeriksaan kami. Bagi PPATK hal ini merupakan imperatif berdasarkan UU, dan untuk kebaikan masyarakat dalam menjaga integritas sistem keuangan kita," kata dia.

Dian mengatakan pemeriksaan juga biasa dilakukan terhadap rekening yang terkait dengan tindak pidana. Dia meminta nasabah tidak khawatir karena uang tetap ada di rekening.

"Ini biasa dilakukan juga oleh PPATK untuk memeriksa rekening yang terkait tindak pidana lain, seperti korupsi, narkotika, dan pendanaan terorisme. Tidak usah ada kekhawatiran soal status uangnya, tetap ada di rekening," katanya.