Gempa M 5,7 Terjadi di Manggarai NTT, Tak Berpotensi Tsunami

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 09:07 WIB
Petugas mengukur panjang amplitudo letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) dari data rekam seismograf di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten, Kamis (27/12/2018). PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menaikan status GAK dari WASPADA ke level SIAGA sejak Kamis (27/12) karena frekwensi letusan meningkat dengan amplitudo rata-rata 25 milimeter diiringi dentuman cukup keras. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Foto: Seismograf, alat perekam gempa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Manggarai -

Gempa bumi magnitudo (M) 5,7 terjadi di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menginformasikan gempa terjadi pada Senin (11/1/2021) sekitar pukul 08.20 WIB. Gempa ada pada kedalaman 650 km.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Titik koordinat gempa ada pada 7,59 lintang selatan dan 120,49 bujur timur. Tepatnya pada 113 km timur laut Kabupaten Manggarai.

Gempa juga dirasakan di Waingapu, Denpasar, Kuta, Mataram, dan Lombok Tengah dengan skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Belum ada informasi kerusakan serta ada-tidaknya korban jiwa akibat gempa ini.

Simak video 'Longsor di Jalur Puncak Bogor, Kendaraan Dialihkan':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dnu)