4 Investigasi Terkini KNKT soal Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

ADVERTISEMENT

Round-Up

4 Investigasi Terkini KNKT soal Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 06:49 WIB
Kerusahakan Sistem Kemudi Penyebab Utama Kecelakaan Pesawat Air Asia QZ 8501 Mardjono Siswosuwarno Investigator KNKT, Soerjanto Tjahjono Ketua KNKT, Nurcahyo Utomo PLT Kasubkom Investigasi Kecelakaan Penerbangan memberikan keterangan pers tentang hasil penyelidikan KNKT atas kecelakaan pesawat Air Asia QZ 8501 di Kantor KNKT, Jakarta, Selasa (1/12/2015).
Ketua Sub Komite IK penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo (Foto: agung pambudhy)
Jakarta -

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai menginvestigasi insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu. Sejauh in sudah ada 4 langkah investigasi yang dilakukan KNKT.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta KNKT melakukan penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jokowi juga memerintahkan pencarian yang maksimal untuk korban kecelakaan pesawat rute Jakarta-Pontianak itu.

"Dan saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah ini," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/1).

Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan upaya terbaik dalam proses evakuasi. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk berdoa atas musibah jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 itu.

"Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban dan kita doakan bersama, kita berdoa secara bersama-sama agar para korban bisa ditemukan," jelasnya.

Berikut 4 langkah investigasi yang dilakukan KNKT:

KNKT kumpulkan rekaman-transkrip percakapan pilot SJ182

KNKT mengirimkan sejumlah tim untuk mengusut penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu. Dua tim sudah dikirim untuk mengumpulkan data percakapan pilot.

"Tim juga sudah mengirim dua orang untuk melakukan pengumpulan data di perum LPPNPI atau AirNav Indonesia dan sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara," ujar Ketua Sub Komite IK penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo, dalam keterangannya, Minggu (10/1/2021).

Selain itu KNKT juga menerjunkan tim ke koordinat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Tiga investigator dikerahkan sejak pagi.

"Pagi tadi berangkat dari Tanjung Priok menggunakan kapal Baruna Jaya 4, dan tadi sore pindah ke KRI Rigel, bergabung bersama tim untuk melakukan proses pencarian. belum ada perkembangan mengenai hasil, tapi kegiatannya masih terus berlangsung sampai saat ini,".

Simak berita selengkapnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT