Total 150 Kapal Dikerahkan ke Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

ADVERTISEMENT

Total 150 Kapal Dikerahkan ke Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 19:29 WIB
Direktur Operasi Basarnas Rasman MS
Direktur Operasi Basarnas Rasman MS (Foto: Azhar/detikcom)
Jakarta -

Basarnas mengerahkan 50 kapal besar dan 100 kapal skala kecil dalam proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182. Sebagian besar masih berada di lokasi pencarian di Kepulauan Seribu.

"Jadi jumlah yg cukup besar sebenarnya ada 50 kapal dan skala kecil jumlah keseluruhannya 100. Itu alur laut," kata Direktur Operasi Basarnas Rasman MS, di Pelabuhan JICT II, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Rasman juga menyebut dalam proses pencarian ini, tim gabungan juga mengerahkan helikopter untuk membantu pencarian melalui udara. Terdapat 12 unit helikopter dari TNI AU, Polairud, Basarnas.

"Kemudian alur udara kami punya 12, ada dari TNI AU, Polairud, Basarnas, dan dari perusahaan yg memiliki sarana udara, khususnya heli," ujar Rasman.

Kemudian di jalur darat juga dikerahkan 8 unit ambulans dari dinas kesehatan untuk mengevakuasi jasad yang ditemukan.

"Jalur darat cukup banyak. Ambulans kita di bko-kan sebanyak delapan. Ada dari dinas kesehatan, dari kepolisian, dari TNI, dari Basarnas. Jadi cukup banyak," tandasnya.

Total seluruh personil gabungan yang dikerahkan saat ini tercatat 2.123 orang. Personel tersebut meliputi awak kapal, pesawat, penyelam, dan awak lainnya.

"Itu jumlah yang cukup besar, sehingga pelaksanaan hari ini, yang bisa dilihat hasilnya," tutup Rasman.

(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT