Ditpolairud Kerahkan 8 Kapal-4 Heli Bantu Cari Sriwijaya Air yang Jatuh

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 14:38 WIB
Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Mohammad Yassin Kosasih
Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Mohammad Yassin Kosasih (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ditpolairud Baharkam Polri mengerahkan delapan kapal dan empat helikopter untuk membantu melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Selain bantuan kapal dan helikopter, Ditpolairud mengerahkan alat pencari black box pesawat.

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Mohammad Yassin Kosasih menyebut 4 helikopter yang dikerahkan ialah jenis Dauphin AS 365 N.3, Bell 429, dan tiga kapal milik Polariud Polda Metro Jaya. Semua armada yang dikerahkan akan berpatroli untuk membantu pencarian.

"Dalam membantu pencarian pesawat yang jatuh tersebut kami membawa 2 set vinger locater, yaitu alat untuk mencari black box dan 50 orang penyelam yang terdiri dari penyelam Ditpolair, penyelam Ditpolairud Polda Metro Jaya, penyelam Ditpolairud Polda Banten, dan penyelam dari Korbrimob," kata Yassin di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Yassin mengatakan atas perintah Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto melalui Kakorpolairud, agar membatu pencarian Search and Rescue (SAR) dengan maksimal. Pihaknya juga menurunkan beberapa speed boat dan perahu karet untuk melakukan penyisiran mencari serpihan-serpihan pesawat serta bodi utama pesawat (main body).

Kemudian dilakukan penyelaman dengan tetap berkoordinasi dengan Basarnas dan unsur SAR lainnya.

"Saya juga berharap pada saat dilakukan penyisiran dan penyelaman cuaca dalam kondisi baik", katanya.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 dinyatakan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1) siang. Pesawat tersebut membawa penumpang dengan rute Jakarta-Pontianak.

(fas/gbr)