TNI AU Mulai Cari Potongan Besar Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 13:52 WIB
Jakarta -

Benda-benda material diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu perlahan mulai ditemukan. TNI Angkatan Udara (AU) akan membantu pencarian potongan besar pesawat.

"Jadi kita sekarang memastikan lokasi dengan aset udara, kita sudah komunikasi pilot udara dengan KRI di bawah untuk membantu unsur Angkatan Laut. Mereka sudah menemukan beberapa lokasi ya, sudah menemukan benda-benda material berupa skin, kemudian ada bagian dari roda pesawat sudah ditemukan. Nanti akan diverifikasi apakah ini bagian dari pesawat SJ182," kata Kadispenau Marsma TNI, Indan Gilang Buldansyah, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (10/1/2021).

"Kemudian berikutnya (fokus) kita adalah menemukan potongan besar dari pesawat," imbuhnya.

Indan mengatakan TNI AU akan ikut dalam pencarian potongan besar pesawat. Di samping itu juga, pencarian jenazah penumpang dan blackbox pesawat juga akan dilakukan.

"Kemudian berikutnya ada 2 hal, kita sesegera mungkin mendapatkan informasi terkait para penumpang, harapannya bisa segera temukan dan evakuasi. Berikutnya kita juga menemukan bagian pesawat yang bisa digunakan untuk proses dari penyelidikan penyebab kecelakaan, biasa dikenal blackbox ya atau fly data recorder, voice data recorder, itu diperlukan untuk proses penyelidikan kecelakaan pesawat itu sendiri," jelasnya.

Indan berharap jenazah penumpang Sriwijaya Air SJ182 bisa ditemukan. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan TNI AL dan Basarnas.

"Setelah itu kita secara paralel mencoba mencari bagian pesawat, blackbox dan fly daya recorder, dan ini saya kira sudah dilakukan dari aset SAR laut," ungkap Indan.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, kemarin. Pesawat tersebut mengangkut 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang (40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi) serta 12 kru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Paruhito untuk melakukan operasi pencarian pesawat dan penumpang Sriwijaya Air SJ182. Jokowi memastikan operasi pencarian pesawat dan penumpang Sriwijaya Air SJ182 dilakukan dengan maksimal.

"Kemarin sore telah saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, kepada Kepala Basarnas, yang dibantu TNI dan Polri, untuk segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan yang secepat-cepatnya kepada para korban," kata Jokowi dalam video yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/1/2021).

(idn/idn)