Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, Posko Aduan Disiapkan di Terminal 2D Soetta

ADVERTISEMENT

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, Posko Aduan Disiapkan di Terminal 2D Soetta

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 20:05 WIB
Seorang jurnalis membaca informasi jadwal penerbangan di terminal kedatangan Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (9/1/2021). Basarnas Pontianak menyatakan pihaknya telah menyiapkan crisis center dan posko informasi di Bandara Supadio untuk keluarga dari penumpang pesawat Sriwijaya Air SJY182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/foc.
Foto: ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Jakarta -

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh di Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Pihak kepolisian mendirikan posko pengaduan untuk menampung informasi keluarga penumpang pesawat di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

"Posko ini dibuat untuk melakukan pendataan awal yang akan dicocokkan dengan data korban dalam pesawat nahas yang masih dalam proses pencarian di sekitar Kepulauan Seribu," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra dalam keterangannya, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Adi, bagi warga yang merasa keluarganya menjadi penumpang dari pesawat yang jatuh tersebut, para warga bisa membawa data kependudukan atau identitas keluarga untuk bisa dicocokkan di posko tersebut.

"Masyarakat yang merasa ada sanak saudara menjadi korban dalam penerbangan Sriwijaya SJ182 agar membawa dokumen kependudukan atau identitas apa pun untuk dikompulir dalam posko yang ada di area Terminal 2D kedatangan Bandara Soetta," jelasnya.

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di Kepulauan Seribu tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta. Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit.

Dipantau dari situs FlightRadar24, pesawat Sriwijaya Air sempat mencapai ketinggian 10.900 kaki. Mendadak, ketinggian berubah menjadi 8.950 kaki, turun ke 5.400 kaki, hingga terakhir terpantau di 250 kaki. Setelah itu, pesawat hilang kontak.

Pesawat ini merupakan jenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC.

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 hilang kontak saat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pesawat ini jatuh.

"Ya dekat Pulau Laki," ucap Budi Karya kepada detikcom, Sabtu (9/1/2021). Dia menjawab pertanyaan apakah dipastikan pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang hilang kontak tersebut jatuh.

Tonton video 'Jejak Radar Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Sebelum Hilang Kontak':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT