Manfaat Sumber Energi Panas yang Bermanfaat bagi Kehidupan

Lusiana Mustinda - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 06:58 WIB
PT Pertamina Persero melalui anak perusahaannya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan sumber energi terbarukan. Hal ini dibuktikan dengan progress pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dilakukan di daerah Tompaso Sulawesi Utara lebih cepat dari target yang ditentukan. Rengga Sancaya/detikcom.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Manfaat sumber energi panas dari matahari berhubungan dengan kelangsungan makhluk hidup. Energi sangat diperlukan oleh manusia. Energi berasal dari berbagai sumber dan memiliki berbagai kegunaan seperti bensin digunakan untuk menjalankan kendaraan bermotor dan minyak tanah digunakan untuk memasak.

Sumber energi panas adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi panas. Energi ini kemudian disalurkan ke media agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, kompor, korek api hingga konduktor.

Sumber energi panas bisa didapatkan dari sesuatu yang bisa menghasilkan panas. Berikut sumber energi panas yang perlu diketahui:

1. Sumber energi panas bumi


Bumi berbentuk bulat dan tersusun dari lapisan-lapisan. Lapisan paling dalam disebut dengan inti bumi, terbentuk dari lapisan batuan panas.

Sumber panas berasal dari dalam inti atom bumi yang menyimpan panas dengan cara menyerap panas matahari ke permukaan bumi dari jutaan tahun lalu. Kini, sumber energi panas bumi dikenal sebagai energi geothermal. Sumber energi panas ini dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga untuk menggantikan penggunaan energi fosil.

2. Sumber energi panas matahari


Sumber energi panas matahari berasal dari radiasi matahari pada bumi. Energi panas yang dihasilkan ini berasal dari percikan api atom matahari.

Manfaat sumber energi panas dari matahari adalah dapat mengeringkan pakaian yang dijemur. Ini berasal dari energi panas matahari alami.

3. Sumber energi panas api


Api menjadi salah satu sumber energi panas. Api berasal dari gesekan dua buah benda yang kemudian bisa menghasilkan panas hingga memercikkan api.

Sumber energi panas api bermanfaat untuk menyalakan kompor dengan korek api yang nantinya akan digunakan untuk memasak.

(lus/pal)