detikcom Do Your Magic

Taman-Trotoar Seberang KBB BNI City Rusak, Pemprov Minta Pengembang Perbaiki

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 18:34 WIB
Trotoar di sisi selatan Kanal Banjir Barat telah rampung direvitalisasi sejak beberapa waktu lalu. Namun kondisi trotoar itu kini tampak suram dan tak terawat.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Taman dan trotoar Kanal Banjir Barat (KBB) rusak, lokasinya di Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo di seberang BNI City yang sudah dinaturalisasi. Pihak Pemprov DKI Jakarta menyatakan taman dan trotoar itu bakal segera diperbaiki pihak pengembangnya.

"Masih tanggungan dari rekanan, jadi nanti mau diperbaiki," ucap Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini, saat dihubungi detikcom, Jumat (8/1/2020).

Kata Juani, pengembangnya adalah pihak swasta, yakni PT Tri Putra Karya. Perusahaan itu belum menyerahkan pengelolaan kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Masa pemeliharaan sampai Februari 2021," ucapnya.

Juaini meminta agar PT Tri Putra Karya segera memperbaiki kerusakan dan aksi vandalisme tersebut. Jadi, taman naturalisasi bisa kembali seperti sebelumnya.

"Iya, pokoknya harus tanggung jawab," katanya.

Sebelumnya, pantauan detikcom pada Jumat (8/1/2021) pukul 10.00 WIB, kondisi trotoar KBB yang berada di Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo ini tampak mulai mengalami kerusakan di beberapa titik.

Trotoar KBB Jl RM Margono Djojohadikoesoemo, Menteng, Jakpus. (Syahidah Izzata/detikcom)Trotoar KBB Jl RM Margono Djojohadikoesoemo, Menteng, Jakpus. (Syahidah Izzata/detikcom)

Kerusakan pertama yang terlihat adalah dudukan kayu yang berada di sepanjang trotoar ini. Sebagian kayu mulai retak, bahkan terlepas akibat kurangnya pemeliharaan.

Tak hanya rusak, beberapa lokasi juga menjadi korban tangan-tangan perusak. Ada coretan aksi vandalisme orang-orang tak bertanggung jawab di tempat duduk memandang (deck view) Kali Ciliwung. Pemandangan sudut kota ini belum bisa dikatakan baik.

(aik/dnu)